Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 3 Cikarang Selatan

Penulis

  • Rivanda Nur Annisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Rosita Dewi Nur Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Self confidence menjadi salah satu aspek perilaku yang peranannya penting dalam pembelajaran matematika. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri dapat menyelesaikan persoalan matematika dengan yakin sesuai kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat self confidence siswa kelas VII di SMPN 3 Cikarang Selatan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 3 Cikarang Selatan dan sampelnya sebanyak 36 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen berupa angket self confidence dalam pembelajaran matematika yang terdiri atas 16 pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 4 siswa yang termasuk kelompok self confidence tinggi, 24 siswa termasuk kelompok self confidence sedang dan 8 siswa termasuk kelompok self confidence rendah dengan persentase rata-rata dari keseluruhan indikatornya ialah 63,78%. Berdasarkan hal tersebut, kesimpulan dari penelitian ini yaitu sebagian besar siswa sudah memiliki self confidence yang baik dan sisanya perlu untuk ditingkatkan kembali.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Annisa, R. N., & Nur, I. R. D. (2023). Self Confidence Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMPN 3 Cikarang Selatan. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7615