Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Penyelesaian Program Linear Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kabupaten Bekasi

Penulis

  • Vicky Mentari Aprilian Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Iyan Nur

Abstrak

Kemampuan komunikasi matematis dalam proses pembelajaran di sekolah masih luput dari perhatian para guru serta pihak sekolah. Sampai saat ini, masih banyak siswa yang kesulitan untuk mengomunikasikan bahasa matematika dengan baik, terutama pada pembelajaran program linear. Salah satu alasan rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu, siswa tidak dapat merepresentasikan soal program linear yang mayoritas merupakan soal cerita kedalam bahasa atau simbol matematika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi matematis siswa SMA Negeri 5 Kabupaten Bekasi pada materi program linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskritif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kabupaten Bekasi tahun ajaran 2022/2023. Pemilihan sampel dengan cara purpossive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrument tes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pemeberian tes soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu 1) Reduksi data; 2) Penyajian data; dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan mayoritas siswa tergolong dalam siswa yang memiliki kemampuan komunikasi matematis sedang. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa pada penyelesaian program Linier di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Kabupaten Bekasi masih tergolong cukup rendah.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-04

Cara Mengutip

Aprilian, V. M., & Nur, I. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Penyelesaian Program Linear Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kabupaten Bekasi. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7626