PENGARUH KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA
Abstrak
Objek-objek yang dipelajari dalam bidang geometri yaitu tentang hubungan bentuk dan ruang, yang umumnya bersifat abstrak sehingga diperlukan kemampuan spasial matematis dan cara berpikir yang kreatif untuk dapat menguasainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan spasial matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika, khususnya pada materi segiempat dan segitiga. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif (associational research) menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode non eksperimen. Terdapat dua tipe instrumen tes yang terdiri atas lima butir soal yang mengukur kemampuan spasial matematis dan tiga butir soal mengukur kemampuan berpikir kreatif. Penentuan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada interval kepercayaan 95% terdapat pengaruh kemampuan spasial matematis terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa yang signifikan dengan besar pengaruh mencapai 47,6%.