Hubungan Self-Esteem Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Penulis

  • Mita Marhatus Soliha Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Karunia Eka Lestari Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstrak

Pemahaman konsep matematis merupakan salah suatu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh siswa. Salah satu faktor yang terkait dengan pemahaman konsep matematis siswa adalah self-esteem. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan self-esteem dan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Imadun Najah sebanyak 20 orang siswa, dengan menggunakan analisis data korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket self-esteem dan pemahaman konsep matematis pada materi SPLDV. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Office Excel 2013 dan SPSS. Hasil dari pengolahan data diperoleh adanya hubungan self-esteem dengan kemampuan pemahaman matematis siswa MTs Imadun Najah dengan besar koefesien seenilai 0,589**.

Kata kunci: self-esteem, kemampuan pemahaman, SPLDV

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-10

Cara Mengutip

Soliha, M. M., & Lestari, K. E. (2023). Hubungan Self-Esteem Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Prosiding Sesiomadika, 4(1). Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/7876