ANALISIS POSITIONING PRODUK LAPTOP ACER PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Penulis

  • Kosasih Kosasih
  • Nelly Martini
  • Eva Lisnawati

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v10i20.76

Abstrak

Positioning (penetapan posisi) merupakan tindakan merancang tawaran dan citra perusahaan sehingga menempati posisi yang khas (di antara para pesaing) di dalam benak pelanggan sasarannya.
Dalam hal ini terdapat tujuh pendekatan positioning yang dapat digunakan untuk melakukan positioning seperti atribut,manfaat, kelas produk,pemakai, dan pesaing.
Peningkatan permintaan terhadap laptop selain karena kebutuhan dalam menunjang kelancaran tugas, juga didorong oleh perubahan sosial ekonomi dan perilaku masyarakat. Produk laptop Acer merupakan sebuah merek lima besar komputer pribadi dunia yang pertama kali didirikan dengan nama Multitech.Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang salah satunya. Mereka lebih cendrung menggunakan Laptop Acer untuk membantu perkuliahan, baik itu tugas-tugas kuliah, mencari literatur kuliah dan juga berkomunikasi dengan pengajarnya untuk berdiskusi tentang perkuliahan yang mereka jalani melalui jaringan internet yang telah disediakan secara gratis oleh pihak Fakultas.
Positioning produk laptop Acer pada mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Singaperbangsa Karawang tentunya beragam. Banyak hal yang bisa dikaji dan diteliti untuk mengetahui hal itu.
Metode penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang berisi pertanyaan tentang positioning produk laptop Acer yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS.
Hasil penelitiannya dapat disimpulkan bahwa secara umum, responden menyatakan setuju bahwa sub variabel atribut ( rata-rata total skor 343), manfaat (rata-rata total skor 340), kelas produk (rata-rata total skor 344), dan pesaing (rata-rata total skor 327) serta menyatakan ragu-ragu pada sub variabel pemakai (rata-rata total skor 314) positioning produk laptop Acer sudah baik dibandingkan dengan produk laptop pesaing.
Kata kunci : Positioning

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Basu, Swasta dan Hani Handoko. 2008. Analisis Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Cetakan Keempat. Yogyakarta: Bpfe.

Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta : Andi.

———————,et.all. 2008. Pemasaran Strategik.. Edisi satu. Yogyakarta: Andi.

Hasan, ali, 2008. Marketing, cetakan pertama. Jakarta : PT Buku kita.

Philip Kotler.2005.Manajemen pemasaran, Edisi Sebelas Bahasa Indonesia, Jakarta, PT. Indeks.

——————— dan Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Tiga belas,Jakarta: Erlangga.

——————— dan Amstrong Gary.2004.Dasar-Dasar Permasaran, Edisi Sembilan Bahasa

Indonesia, Jakarta, PT. Indeks.

Sofjan, Assauri. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Supranto, J, dan Nandan limakrisna. 2007. Perilaku konsumen dan pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Administrasi Cetakan Delapan Belas. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Ujang, Sumarwan, et all. 2010. Pemasaran Strategik Perspektif Value Base Marketing dan Pengukuran Kinerja. Bogor: IPB Press.

http://frenky-cahya-purnama.blogspot.com/2007/10/sejarah-laptop.html. http://gruprempong.blogspot.com/2009/12/pengertian-laptop_15.html. http://indexbisnis.blogdetik.com/2010/12/07/notebook-vs-laptop-review/ http://id.berita.yahoo.com/10-merek-laptop-terpopuler-20110317-215701-583.html http://www.shopacer.co.uk/sitepage/about_acer.html http://hermawayne.blogspot.com/2011/03/10-pendiri-perusahaan laptop-di-dunia.html

http://www.webhostingreport.com/learn/acer.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-07-06

Cara Mengutip

Kosasih, K., Martini, N., & Lisnawati, E. (2015). ANALISIS POSITIONING PRODUK LAPTOP ACER PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(20). https://doi.org/10.35706/solusi.v10i20.76

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama