ANALISIS MOTIVASI DOSEN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Penulis

  • Kosasih Kosasih
  • Abdul Yusuf

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v10i21.87

Abstrak

Penelitian merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi dan menjadi salah satu tugas seorang dosen, penelitian juga menjadi alat ukur kinerja seorang dosen dalam menjalankan tanggung jawabnya. Selain itu penelitian juga menjadi salah satu cara yang dilakukan dosen untuk mengembangkan dan menambah ilmu pengetahuannya.
Penelitian yang dilakukan dosen didasari oleh adanya dorongan yang disebut motivasi, baik motivasi ekstrinsik maupun motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri dosen itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran motivasi dosen dalam melakukan penelitian yang dilihat dari motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Analisis data mencakup analisis deskriptif dengan menggunakan analisis persentase dan analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dosen dalam melakukan penelitian didorong oleh rasa senang melakukan penelitian, pengebangan ilmu, kebijakan lembaga dalam hal penelitian dan lingkungan kerja yang mendukung.
Kata kunci: Motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, analisis faktor konfirmatori

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 1998, Prosedur Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Cascio. F, Wayne. 1993. Managing Human Resources International Edition, produktivity, Quality of Work Life, Profits, Fourth Edition, Full Circle by Michael James.

Ferdinand, 2002. Structural Equation Modeling dalam penelitian Manajemen (SEM).

Gibson, et. al. 1996. Organisasi dan manajemen (Perilaku, Struktur, Proses), Jakarta: Binarupa Aksara.

Gomes, Cardoso, Faustino. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Andi Offset.

Hasibuan, S.P, Malayu. (2003). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas, Jakarta: Bumi aksara.

Komaruddin, Yooke Tjuparmah S. Komaruddin. (2002). Kamus Istilah Karya Tulis Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara.

Kusnendi, 2008. Model-model Persamaan Struktural. Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2005). Statistik Untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Usmara. A. (2002). Paradigma Baru Manajemen SDM, Yogyakarta: AMARA books. Winardi, J. (2001). Motivasi dan Pemotivasian, Jakarta: PT Raja Grafida Persada.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2011-12-01

Cara Mengutip

Kosasih, K., & Yusuf, A. (2011). ANALISIS MOTIVASI DOSEN DALAM MELAKUKAN PENELITIAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG. Majalah Ilmiah SOLUSI, 10(21). https://doi.org/10.35706/solusi.v10i21.87

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama