Pengaruh Brand Equity Dan Reputasi Korporat Terhadap Minat Mahasiswa Baru Universitas Singaperbangsa Karawang

Authors

  • Eva Rizka Ammalia

DOI:

https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.61

Abstract

Perguruan tinggi swasta memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam menerapkan aktivitas komunikasi brand atau branding. Dengan mengkomunikasikan brand, diharapkan brandequity perguruan tinggi semakin kuat. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi calon mahasiswa dala memilih perguruan tinggi, namun yang paling mendasar adalah faktor reputasi korporat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian adalah survai dengan tipe penelitian eksplanatory.Populasi adalah mahasiswa baru Unsika TA 2014/2015 dengan jumlah sampel 328 responden.Hasil penelitian menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara BrandEquity terhadap minat mahasiswa baru Unsika. Hal ini dijelaskan oleh Koefisien regresi untuk X1 (BrandEquity) sebesar 0,097 menyatakan bahwa setiap penambahan X1 sebesar 1 akan meningkatkan Y (Minat) sebesar 0,097. Ada pengaruh yang signifikan antara reputasi korporat terhadap minat mahasiswa baru di Unsika. Hal ini dijelaskan oleh Koefisien regresi untuk X2 (Reputasi Korporat) sebesar 0,180 menyatakan bahwa setiap penambahan X2 sebesar 1 akan meningkatkan Y (Minat) sebesar 0,180. Ada pengaruh yang signifikan antara brandequity dan reputasi korporat secara simultan terhadap minat mahasiswa baru dari output ANOVA (Analysis Of Variance), didapat nilai Sig. < α (0,05) yaitu 0,000 < 0.05.
Kata kunci: brandequity, reputasi korporat, minat mahasiswa baru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, David A. 1995. Measuring Brand Equity Across Products and Market.California Management Review Vol 38 No. 3.(

http://kuo.bm.nsysu.edu.tw/2011/vanessa/%E6%96%87%E7%8D%BB%E8%B3%87%E6%

%99-

Brand%20Equity/Measuring%20Brand%20Equity%20Across%20Products%20and%20Mark ets.pdf Diunduh 8 Juli 2013)

Ardianto, Elvinaro. 2011. Handbook Of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. 1996. Manajemen Penelitian: Cetakan ke-3. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Dharmmesta, B. S. 1997. Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE

Hardjana, Andre. (http://jurnal.uajy.ac.id/jik/files/2012/05/1.-Prof.Andre-A.-Hardjana-1-

pdf Diunduh 30 Mei 2013)

Hardjana, Andre. 2008. Komunikasi dalam Manajemen Reputasi Korporasi. Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 5 No. 1 Juni 2008.

Kerlinger, F.N., 1996. Foundation of Behavioral Research. Rinehart and Winston inc. Terjemahan. Gajah Mada University Press.

Nasution, S. 1991. Metode Research, Pnelitian Ilmiah, Tesis. Bandung: Jemmars

Rachman, Soviadi Nor. 2006. Analisis Pengaruh Keunggulan Produk, Reputasi Perusahaan dan Asosiasi Merek Terhadap Kesuksesan Produk Baru Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran. Tesis. Semarang: Universitas Dipenogoro.

(http://eprints.undip.ac.id/15860/1/Soviadi_Nor_Rachman.pdf diunduh 8 Juli 2013) Rakhmat, Jalaluddin. 1998. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rosa Chun. 2005. Corporate reputation: Meaning and measurement International Journal of Management Reviews Volume 7.

(http://mycourse.solent.ac.uk/pluginfile.php/48599/mod_resource/content/1/corporate_reputat ion_meaning_and_measurement.pdf Diunduh 8 Juli 2013)

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 1989. Metode penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

Siswanti, Yuni. 2007. Anteseden Ekuitas Merek Perguruan Tinggi: SEM dengan Pendekatan Two Step. Usahawan No. 3 tahun XXXVI.

(http://repository.upnyk.ac.id/1770/1/Ekuitas_Merek.pdf Diunduh 8 Juli 2013) Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Usman, Berto. 2011. Aplikasi Marketing Mix Terhadap Brand Equity Perguruan Tinggi: Sebagai Sebuah Tinjauan Literatur.

(http://bertousman.wordpress.com/2011/10/02/aplikasimarketing-mix-terhadap-brand-equity-perguruan-tinggi-sebagai-sebuah-tinjauan-literatur/ Diunduh 8 Juli 2013)

Washburn, Judith H. and Richard E. Plank. 2002. Measuring Brand Equity: Consemer-Based Brand Equity Scale. Journal Of Marketing Theory and Practice.

(http://ebiz.bm.nsysu.edu.tw/2011/vanessa/%E6%96%87%E7%8D%BB%E8%B3%87%E6

%96%99-Brand%20Equity/measuring%20brand%20equity%20-

%20an%20evaluation%20of%20customer-based%20brand%20equity%20scale.pdf Diunduh

Juli 2013) http://cosynook.wordpress.com/2013/02/14/teori-minat/ http://creasoft.wordpress.com/2010/03/18/konsep-minat/ http://journals.cambridge.org/action/displayAbstract?fromPage=online&aid=407477 http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/05/brand-equity-kekuatan-suatu-merek.html

http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/128076-T%2026535-Analisa%20brandTinajaun%20literatur.pdf

http://lontar.ui.ac.id/file?file=digital/128083-T%2026542-Membangun%20keunggulanTinajuan%20literatur.pdf http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/j.1559-1816.2003.tb01883.x/abstract http://theprworld.com/insight/expert/342-merawat-reputasi-korporat http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/2011-2-00450-MC%20Bab%202.pdf

http://www.eurib.org/fileadmin/user_upload/Documenten/PDF/Merkmeerwaarde_ENGELS/s

_-_Brand_equity_model_by_Aaker_EN_.pdf http://www.gobookee.net/managing-brand-equity-david-aaker/ http://www.jakartaconsulting.com/art-01-68.htm http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-minat-menurut-para-ahli.html

Published

2015-07-09

How to Cite

Ammalia, E. R. (2015). Pengaruh Brand Equity Dan Reputasi Korporat Terhadap Minat Mahasiswa Baru Universitas Singaperbangsa Karawang. Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03). https://doi.org/10.35706/solusi.v1i03.61