Implementasi Permainan Tradisional Kucing-Kucingan Terhadap Kemampuan Lari Sprint

Authors

  • Desri Sugihartini universitas pendidikan indonesia
  • Aam Ali Rahman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yudha M Saputra

Abstract

Setelah dilakukannya pra-penelitian di kelas V salah satu sekolah dasar di Sumedang , terdapat permasalahan dalam melakukan lari sprint 50 meter. Banyaknya siswa yang melakukan lari sprint  dalam keadaan lambat, padahal lari sprint merupakan lari yang dilakukan secara cepat. Maka Solusi yang diharpkan peneliti dengan adanya perlakuan berupa permainan tradisional siswa dapat melakukan lari sprint secepat mungkin, yaitu berupa permainan tradisional kucing-kucingan. Permainan tradisional kucing-kucingan merupakan permainan yang merupakan suatu permainan yang menirukan tingkah laku seorang kucing seperti mengejar dan menangkap. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perkembangan kemampuan lari sprint  melalui pengimplementasiaan permainan tradisional kucing kucingan sebagai bahan acuan agar siswa termotivasi untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian pre-eksperimen (One Group Pre-Test Post-Test Design). Dari hasil penelitian, dinyatakan bahwa imlementasi permainan tradisional kucing-kucingan berpengaruh terhadap kemampuan lari sprint 50 meter. Permainan tradisional ini menjadi ide yang bagus agar mendapat inovasi dan kreativitas yang baru bagi siswa, maka dari itu pembelajaran bisa lebih menyenangkan dan tidak monoton serta tujuan dari pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dengan Setelah dilakukan uji normalitas terdapat data pre-test dan juga post-test berdistribusi Normal, dengan skor pre-test (0.18) > 0.05 dan skor post-test (0.30) > 0.05, Setelah dilakukan uji homogenitas terdapat hasil data penelitian bersifat Homogen yakni (0.29) > 0.05. Selanjutnya melakukan uji Paired Sample T-Test, dinyatakan implementasi permainan tradisional kucing-kucingan berpengaruh terhadap kemampuan lari sprint 50 meter dan besaran pengaruh tersebut yaitu (0.001) < 0.05 yang berarti H0 Ditolak.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Desri Sugihartini, Rahman , A. A. ., & Yudha M Saputra. (2024). Implementasi Permainan Tradisional Kucing-Kucingan Terhadap Kemampuan Lari Sprint . Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 7(01), 1–7. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/11218