PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA BAGI SISWA SMP

Authors

  • Ruslan Abdul Gani PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Setio Nugroho PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Rolly Afrinaldi PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1733

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan suatu model pembelajaran Renang Gaya Dada untuk siswa kelas 1 Sekolah Menengah Pertama. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan model atau Research and Development (R&D). Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah 40 orang siswa kelas 1 Sekolah Menengah Pertama, Telagasari. Uji efektifitas dari model pengembangan renang gaya dada ini menghasilkan t-Hitung 17.54 > t-tabel 2,02  dan Ha diterima, ini artinya model pembelajaran gaya dada yang baru lebih baik daripada model latihan yang lama. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Model Pembelajaran Keterampilan Renang Gaya Dada Pada Siswa SMP dapat dikembangkan dan diterapkan dalam pembelajaran serta meningkatkan keterampilan renang gaya dada. (2) Model pembelajaran renang gaya dada ini lebih efektif dan efesien sehingga membuat para siswa tertarik dan termotivasi untuk mengikuti pelajaran pendidikan jasmani.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ruslan Abdul Gani, PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang dan Dosen

Setio Nugroho, PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang dan Dosen

Rolly Afrinaldi, PJKR-FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang

FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang dan Dosen

References

Gall, M.D, Borg, WR. &. 1979. Education research: An introduction. 3rdEd London.

Karnadi, Indik, dkk. 2008. Renang. Jakarta: Universitas Terbuka

Muhammad, Rohman, dan Sofan Amri. 2013. Strategi & Desain Pengambangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Nugroho, Bayu Adhi. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Melalui Permainan Triangle pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 36 Semarang Tahun 2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang

Noveminaila, Nabella Faradilla Noor.2015.Pengembangan model permainan gather ball dalam pembelajaran renang untuk siswa kelas VII SMP N 2 Ambarawa Kabupaten SemarangTahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Semarang.

Roji.1994.Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Klaten Utara: PT INTAN PARIWARA.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP/MTs. Jakarta : Litera

Saputra, H Yudha usdarta dan. 2000. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Depdiknas

Adi, Surya Saputra. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Renang Gaya Dada Bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Volume 14 Nomer 2.

Widiastuti, Hamamah, Fatin. 2017. Model Pembelajaran Renang (fh) bagi Siswa Prasekolah. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 11 Edisi 2, 359.

How to Cite

Gani, R. A., Nugroho, S., & Afrinaldi, R. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN RENANG GAYA DADA BAGI SISWA SMP. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 1(2), 51–61. https://doi.org/10.35706/speed.v1i2.1733

Issue

Section

Artikel