Pengaruh Metode Latihan Shooting dengan Konsep BEEF Terhadap Keterampilan Shooting Freethrow Bola Basket Pemula

Authors

  • Sugiarto Sugiarto Universitas Binawan
  • Habibi Hadi Wijaya Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/speed.v2i2.3380

Abstract

      Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh hasil latihan shooting freethrow pada permainan bolabasket mengunakan konsep BEEF, konsep dalam pelaksanaan shooting menggunakan BEEF meliputi balance (keseimbangan), eyes (mata), elbow (siku), dan follow through (gerakan lanjutan setelah melepas bola). Terhadap ketreampilan shooting freethrow bola basket di SMP Negeri 3 Surabaya. Untuk menjawab rumusan masalah penelitian yang telah dirumuskan, penulis menggunakan pendekatan pra eksperimen, penelitian dengan mengunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah anak SMP Negeri 3 surabaya kelas 1 dan 2 yang mengikuti ekstrakurikuler bola basket. Penelitian ini dilakukan diSMP Negeri 3 surabaya dengan mretode pengambilan sampling ialah purposive sampling dengan kriteria  siswa kelas 1 dan 2 yang masih aktif  mengikuti ekstrakulikuler bola basket, diambil siswa berjenis kelamin perempuan berjumlah 40 anak intrumen mengunakan tes shooting BEEF dan analisa data mengunakan uji t.

Dari analisis menunjukan adanya perbedaan hasil menembak shooting  freethrow dengan konsep BEEF. Data hasil uji t terdapat bahwa t hitung lebih kecil dari t tabel (-4.75 < 2.00) dan nilai signifikan p sebesar (0.000 < 0.05) hasil ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretest dan postest. Data pretest memiliki rata-rata 15.334 dan data postest rata-rata mencapai 20.543. maka dapat disimpulkan latihan shooting freethrow dengan menggunakan BEEF mampu meningkatkan keterampilan shooting bola basket untuk pemula.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sugiarto Sugiarto, Universitas Binawan

Dosen Universitas Binawan

Habibi Hadi Wijaya, Universitas Singaperbangsa Karawang

IKOR-FIKES Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Danny Kosasih. (2008). Fndamental Basketball. Penerbit : karmedia.

Dedy Sumiyarsono. (2002). Keterampilan Bolabasket. Yogyakarta: Fakultas Ilmu keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Yogyakarta UNY.

Ismiryati (2006). Tes dan pengukuran Olahraga. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Latif Noor. (2010). Tes Unjuk Kerja teknik Tembakan Hukuman Cabang Olahraga Bolabasket. FIK UNY. Skripsi.

Nuril Ahmad. (2007). Permainan Bolabasket. Era Intermedia. Solo.

Oliver. (2007). Dasar-Dasar Bolabasket. Bandung: Pakar Raya.

Perbasi. 2010. Peraturan Resmi Bola Basket. Jakarta : Perbasi

Saifudin Anzwar.(1997). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Subagiyo. 2003. Pengertian Ekstrakurikuler. Jakarta

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek IV.Jakarta: Bina Aksara.

Published

2019-11-15

How to Cite

Sugiarto, S., & Wijaya, H. H. (2019). Pengaruh Metode Latihan Shooting dengan Konsep BEEF Terhadap Keterampilan Shooting Freethrow Bola Basket Pemula. Jurnal Speed (Sport, Physical Education, Empowerment), 2(2), 57–61. https://doi.org/10.35706/speed.v2i2.3380

Issue

Section

Artikel