Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik

Authors

  • Putri Diana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Indiana Marethi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Aan Subhan Pamungkas Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik itu faktor eksternal maupun faktor internal siswa. Faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, seperti metode atau strategi pembelajaran. Sementara itu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa, seperti emosi dan sikap terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari tingkatan kecemasan matematika di SMPN 3 Kota Serang kelas VII. Penelitian ini merupakan survey, dengan 3 kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Pengambila data dilakukn dengan menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil yaitu terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari tingkat kecemasan matematika (tinggi, sedang, dan rendah).

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Etistika, dkk.(2016).Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Jurnal UNIKAMA. Vol (1) hal (263-278).

Hamalik, O. (2008). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Nazir, M. (2005).Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

OECD. (2015). PISA Result From PISA 2015. http//www.oecd.org/pisa/.

Purwanto, N. (2009). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satriyani. 2016. Pengaruh Kecemasan Matematika (Mathematics Anxienty) dan Gender Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Skripsi UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: Tidak diterbitkan.

Suharyadi.(2003). Hasil Belajar Matematika: Studi Korelasi Antara Konsep Diri, Kecemasan dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Kelas V. Jakarta: Tesis UNJ.

Uno, H. B. & Kuadrat, Masri.(2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Zakariah, E. & Nurdin, M. N. (2008). The Effects of Mathematics Anxiety on Matriculation Studentsas Related to Motivation and Achievement.Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education.4(1), 27-30, h.27.

Published

2020-01-24

How to Cite

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24–32. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033