Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan lembar kerja
peserta didik matematika berorientasi higher order thinking skills di
sekolah dasar, untuk mengetahui kelayakan LKPD matematika
berorientasi HOTS, untuk mengetahui respon peserta didik terhadap
LKPD matematika berorientasi HOTS, dan untuk mengetahui
pemahaman siswa kelas V sekolah dasar setelah menggunakan LKPD
matematika berorientasi HOTS. Subjek pada penelitian ini adalah
siswa SDN Joglo 09 Pagi tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah
28 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket,
tes pemahaman, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini memperoleh
skor dengan persentase dari ahli sebesar 85,6%, presentase dari angket
respon guru sebesar 100%, persentase dari angket respon siswa sebesar
96,03%, dan rata-rata hasil tes pemahaman siswa sebesar 91,25. Hasil
penelitian ini menujukkan bahwa lembar kerja peserta didik
matematika berorientasi higher order thinking skills di sekolah dasar
dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi
skala.
Downloads
References
Anisah, Sri Lastuti. (2018). Pengembangan Bahan Ajar berbasis HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. KREANO: Jurnal Kreatif Inovatif. 9(2): 196.
Dinni, Nur Husna. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Jurnal Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika.
Gazali, Rahmita Yuliana. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Siswa SMP Berdasarkan Teori Belajar Ausubel. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. 11(2): 183-184.
Jamaludin Ujang & Reza Rachmatullah. (2017). Pembelajaran Pendidikan IPS Teori Konsep dan Aplikasi bagi Guru dan Mahasiswa. Bekasi: CV: Nurani.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Maryamah Ida, Nurul Anriani, Maman Faturrohman. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Materi Pythagoras yang Berorientasi pada Kompetensi Abad 21 untuk Guru SMP. SJME: (Supremum Journal of Mathematics Education). 3(1): 68.
Muslimin, Sunardi, Shaumi. (2019). Pengaruh Media Kartu terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII SMP Negeri 10 Palembang. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 09(01): 15.
Nugroho, R. Arifin. (2018). HOTS Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi: Konsep, Pembelajaran, Penilaian, dan Soal-soal. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Purwono, Urip. (2008). Standar Penilaian Buku Pelajaran. http://telaga.cs.ui.ac.id/.
Rahmi Ayu, Yusruzal, Ilham Maulana. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Modul pada Materi Hidrokarbon di SMA Negeri 11 Banda Aceh. JPSI: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 02(02): 13.
Riduwan. (2018). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Rokhmawati Anggun, Indhira Asih, V, Y, Aan Subhan Pamungkas. (2019). Pengambangan Bahan Ajar Rainbow Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV. SJME: (Supremum Journal of Mathematics Education). 3(2): 86.
Sundayana, Rostina. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Teti, Ghullam Hamdu. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis HOTS Berdasarkan Takstonomi Bloom di sekolah Dasar. Pedadikta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3): 45-58.
Trianto. (2010). Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta :PT. Prestasi Pustaka.
Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widodo, Slamet. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2): 190.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).