Pengembangan Modul Matematika Untuk Peserta Didik Tunanetra

Authors

  • Siti Mutmainah Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Evi Hermawati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4416

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui proses pengembangan modul matematika untuk peserta didik tunanetra pada materi garis, sudut, persegi, dan segitiga; dan (2) Mengetahui kualitas modul matematika untuk peserta didik tunanetra berdasarkan penilaian validator dan uji coba terbatas. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan menggunakan Borg dan Gall. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yakni subyek penilai (validator) dan subjek ujicoba (peserta didik tunanetra). Pada penelitian ini proses analisis data yang dilakukan meliputi analisis data pengembangan modul matematika untuk peserta didik tunanetra dan kualitas modul berdasarkan penilaian para validator serta proses uji coba terbatas. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Proses pengembangan modul meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk (hanya sampai uji coba terbatas). (2) Setelah melalui beberapa kali revisi ketiga validator  menyatakan modul layak untuk digunakan, skor rata-rata adalah 181.67 dengan skor maksimal adalah 215. Serta  berdasarkan uji coba terbatas menyatakan bahwa modul layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Klingenberg, C. P. (2008). Morphological Integration and Developmental Modularity. Annual Review of Ecology, Evolution, and Systematics, 39(1), 115 – 132

Kohanová, I. (2006). Teaching Mathematics To Non-Sighted Students: With Specialization In Solid Geometry. Doctoral thesis: Bratislava

Kohanova, I. (2013). Technologies And Tools In Teaching Mathematics To Isually Impaired Students. Artikel diambil dari Faculty of Mathematics, Physics and Informatics, Comenius University Bratislava, Slovakia.

Mayang Faulina, Suparman. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Audio Untuk Siswa Tunanetra Kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan. ISSN: 2407-7496 670. 670 – 675

Muthmainnah, Rahmi Nurul. (2015). Pemahaman Siswa Tunanetra (Buta Total Sejak Lahir dan Sejak Waktu Tertentu) Terhadap Bangun Datar Segitiga. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, Volume 1 No.1.

Nakata, H. (2003). Educational Cooperation Bases System Construction Project, Implementation Report, Center for Research on International Cooperation in Educational Development (CRICED), University of Tsukuba, Japan.

Nila Kurniasih, Erni Puji Astuti, Heru Kurniawan. (2016). Pengembangan Puzzegi (Puzzle Segi Empat) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Siswa Tuna Netra. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. ISBN: 978-602-6122-20-9. Hal 57 – 66

Rouzier, S., Hennion, B., Segovia, T. P., & Chene, D. (2004). Touching Geometry for Visually Impaired Pupils. In D. Chene (Ed.), Proceedings of EuriHaptics (pp. 104–109)

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutjihati Somantri. (2007). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT Rafika Aditama.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 32

UNESCO. (2015). Teaching Children with Disabilities in Inclusive Settings. Paris.

Zhenta Muca. (2014). Issues Concerning The Education And Integration Of Blind Students In Albania. Journal of International Scientific Publications. (12), 615 – 631

Published

2021-01-29 — Updated on 2021-03-19

Versions

How to Cite

Mutmainah, S., & Hermawati, E. . (2021). Pengembangan Modul Matematika Untuk Peserta Didik Tunanetra. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4416 (Original work published January 29, 2021)