Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar

Authors

  • Ummi Rosyidah Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Astri Setyawati Universitas Nahdlatul Ulama Lampung
  • Siti Qomariyah STKIP Tunas Palapa

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah aljabar dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semster genap Tahun Akdemik 2019/2020 di Universitas Nahdlatul Ulama Lampung. Populasi pada penelitian ini adalah 20 orang siswa. Instrumen pada penelitian ini adalah berupa soal tes kemampuan penalaran dan kemampuan pemahaman konsep matematis. Jenis penelitian ini adalah penelitian desriptif kualitatif.  Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data hasil penelitian persentasi kesalahan yang dialami mahasiswa pada setiap kemampuan dan perindikator rata-rata berkriteria sangat rendah. Dan dapat disimpulkan banyak kesalahan yang dialakukan mahasiswa saat menjawab soal yang diberikan. Kesalahan-kesalahan yang ditemukan dalam pengerjaan soal tersebut yaitu mahasiswa kurang teliti dalam mengoprasikan bentuk aljabar, kurang pahamnya konsep dan sifat-sifat operasi aljabar, kesulitan mengindentifikasi penyelesaian yang tepat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah. Tidak diterbitkan.

Ernawati, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa MTs Negeri Parung Kelas VII dalam Materi Segitiga dan Segi Empat. Skripsi. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah: Jakarta.

Moleong, L, J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

National Council of Teacher Mathematics. (2000). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nela Rizka, Hendra Syarifuddin dan Suherman. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Relating, Experiencing, Appliying, Cooperating, Transferring terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 2 Payakumbuh. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2) , 44-48.

Rismawati, M. dan Hutagaol, A.S.R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Pgsd Stkip Persada Khatulistiwa Sintang. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4 (1), 91-105.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Disampikan pada Diklat Instruktur/ Pengembangan Matematika SMA jenjang Dasar Tanggal 6-19 Agustus 2014 di PPPG Matematika Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukmadinata, N, S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suwangsih, Erna dan Tiurlina. (2006). Model Pembelajaran Matematika. UPI Press. Bandung.

Uno, H. B. (2008). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2021-01-29 — Updated on 2021-03-19

Versions

How to Cite

Rosyidah, U., Setyawati , A. ., & Qomariyah, S. . (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1). https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488 (Original work published January 29, 2021)