Bahan Ajar Desain Didaktis pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa SMP/MTs - Sederajat

Authors

  • Lusy Ayu Lestari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Uba Umbara STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5464

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Desain Didaktis (DDR) menggunakan metode kualitiatif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk 1) mengetahui gambaran learning obstacle dan learning trajectory dalam pembelajaran matematika terkait materi statistika, 2) mengetahui desain didaktis untuk mengatasi learning obstacle dan learning trajectory yang ada terkait materi statistika, 3) mengetahui respon siswa dalam pengimplementasian desain didaktis terkait materi statistika, dan 4) mengetahui gambaran desain didaktis akhir sebagai dampak dari implementasi desain didaktis materi statistika. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) learning obstacles yang muncul dari diri siswa terdiri dari 3 jenis yaitu; ontogenical obstacle (hambatan 0ntogeni), epistimological obstacle (hambatan epistimologis), dan didactical obstacle (hambatan didaktis). 2) desain didaktis yang dibuat peneliti terdiri dari; desain didaktis hipotetik 1 (berisi materi, contoh, dan latihan soal mengenai distribusi data), desain didaktis hipotetik 2 (berisi materi, contoh dan latihan soal mengenai ukuran pemusatan data) dan desain didaktis hipotetik 3 (berisi materi, contoh dan latihan soal mengenai ukuran penyebaran data). 3) siswa merespon baik pengimplementasian desain didaktis ditandai dengan persentase sebesar 80%. 4) desain didaktis empirik merupakan gabungan materi dan analisis dari desain didaktis hipotetik 1, 2, dan 3 yang berhasil diimplementasikan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sarah, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2017). Desain Didaktis Konsep Volume Limas pada Pembelajaran Matematika SMP Berdasarkan Learning Trajectory. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1).

Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving mathematical problem-solving ability and self-confidence of high school students through contextual learning model. Journal on Mathematics Education.

Iskandar, J. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY.

NCTM. (2000). Principles, N. C. T. M. (2000). standards for school mathematics. Reston, VA: The National Council of Teachers of Mathematics.

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. AKSIOMA. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509

Suryadi, D. (2010). Menciptakan Proses Belajar Aktif: Kajian Sudut Pandang Teori Belajar dan Teori Didaktik.

Brousseau, G. (2006). Theory of didactical situations in mathematics: Didactique des mathématiques. Springer Science & Business Media.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandung. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Haqq, A. A., & Toheri, T. (2019). Reduksi hambatan belajar melalui desain didaktis konsep transformasi geometri. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(2), 117-127.

Jamal, F. (2014). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal MAJU (Jurnal Pendidikan Matematika).

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2).

Yuliani, R. E. (2017). Desain Situasi Didaktis Untuk Mengantisipasi Kecemasan Matematika Siswa Pada Pembelajaran Konsep Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika.

Supriatna. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Pemecahan Masalah pada Luas Daerah Segitiga.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4833

Nur’aeni L, E., & Muharam, M. R. W. (2016). Desain Didaktis Kemampuan Pemahaman Matematis Materi Balok dan Kubus Siswa Kelas IV SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p139

Surya, A. (2018). Learning Trajectory padaPembelajaran Matematika Sekolah Dasar (SD). Jurnal Pendidikan Ilmiah.

Patton, M. Q. (2002). Qualitative research and evaluation methods. Thousand Oaks. Cal.: Sage Publications

Published

2022-01-29

How to Cite

Lestari, L. A. ., & Umbara, U. (2022). Bahan Ajar Desain Didaktis pada Pokok Bahasan Statistika untuk Siswa SMP/MTs - Sederajat. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 93–110. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i1.5464