Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Cikeusik dengan purposive sampling technique. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan antara lain: 1) Kesulitan konsep adalah kesulitan memahami maksud soal yaitu sebesar 20,8%. 2) Kesulitan prinsip adalah kesulitan siswa menghubungkan dua atau lebih konsep, sulit dalam menggunakan rumus dan salah dalam perhitungan sebesar 37,5%. 3) Kesulitan keterampilan adalah kesulitan siswa dalam operasi dan prosedur, pengerjaan dan langkah-langkah pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika sebesar 41,7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesulitan tertinggi siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan pola bilangan terletak pada jenis kesulitan keterampilan.
Downloads
References
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110
Herdiyana, W. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas Viii Smp Pesantren Guppi Samata Kabupaten Gowa. 52(1), 1–5.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018
Mayasari, D., & Himmah, W. I. (2020). Efektivitas Model Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Wulan Izzatul Himmah Pendahuluan Pembelajaran matematika pada tingkat pendidikan menengah memiliki Indonesia baru memiliki pengetahuan dasar mat. 127–138.
Meika, I., Nenden Suciyati, S., Sujana, A., & Ridwan. (2020). Biormatika : Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 94–99. https://doi.org/10.35569
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388
Sardia, A., & Andriani, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Negeri 11 Muaro Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 2(September), 12–26.
Sasmita. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas Smp Negeri 1 Bontomarannu. 52(1), 1–5.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413
Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.
Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2021). Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).
Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2).
Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).