Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan

Authors

  • Nenden Suciyati Sartika UNIVERSITAS MATHLA'UL ANWAR BANTEN
  • Asep Sujana UNIVERSITAS MATHLA'UL ANWAR BANTEN
  • Gita Fitriyani UNIVERSITAS MATHLA'UL ANWAR BANTEN

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan pola bilangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Cikeusik dengan purposive sampling technique. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi dengan menggunakan instrumen tes dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan antara lain: 1) Kesulitan konsep adalah kesulitan memahami maksud soal yaitu sebesar 20,8%. 2) Kesulitan prinsip adalah kesulitan siswa menghubungkan dua atau lebih konsep, sulit dalam menggunakan rumus dan salah dalam perhitungan sebesar 37,5%. 3) Kesulitan keterampilan adalah kesulitan siswa dalam operasi dan prosedur, pengerjaan dan langkah-langkah pekerjaan dalam menyelesaikan permasalahan dalam matematika sebesar 41,7%. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesulitan tertinggi siswa dalam menyelesaikan soal pokok bahasan pola bilangan terletak pada jenis kesulitan keterampilan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315–322. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.110

Herdiyana, W. (2019). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas Viii Smp Pesantren Guppi Samata Kabupaten Gowa. 52(1), 1–5.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Mayasari, D., & Himmah, W. I. (2020). Efektivitas Model Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Wulan Izzatul Himmah Pendahuluan Pembelajaran matematika pada tingkat pendidikan menengah memiliki Indonesia baru memiliki pengetahuan dasar mat. 127–138.

Meika, I., Nenden Suciyati, S., Sujana, A., & Ridwan. (2020). Biormatika : Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 94–99. https://doi.org/10.35569

Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388

Sardia, A., & Andriani, L. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Di Smk Negeri 11 Muaro Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 2(September), 12–26.

Sasmita. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Kelas Smp Negeri 1 Bontomarannu. 52(1), 1–5.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413

Siregar, N. R. (2017). Persepsi siswa pada pelajaran matematika: studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Sugandi, A. I., Bernard, M., & Linda, L. (2021). Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Ditinjau Dari Habits Of Minds. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1).

Suliani, M., & Ahmad, A. M. (2021). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Pembelajaran Jarak Jauh di MTs Negeri 6 HSS di Masa Pandemik Covid-19. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(2).

Utari, D. R., Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 545. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.22311

Published

2022-07-25

How to Cite

Suciyati Sartika, N. ., Sujana, A., & Fitriyani, G. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(2), 203–209. https://doi.org/10.35706/sjme.v6i2.5702