Peningkatan Kemampuan Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum

Authors

  • Kurnadi Kurnadi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Prahesti Tirta Safitri Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menelaah peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran kuantum, dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini merupakan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 10 Tangerang. Sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari kelas VII. Kelas eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran kuantum, dan kelas kontrol memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian meliputi tes kemampuan kompetensi strategis matematis. Pengolahan data peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis menggunakan uji-t dan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian yang diperoleh adalah peningkatan kemampuan kompetensi strategis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kuantum lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilianto, M. (2012, September). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 1, 1-11.

Amalia, K. D. (2016, Februari). Peningkatan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMK Melalui Strategi Team Based Learning. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 5, 1-14.

DePorter, B. R. (2010). Quantum Teaching:mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. (F. Syahrani, Ed., & A. Nilandari, Trans.) Bandung: Kaifa.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran:isu-isu metodis dan paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lestari, K., & Yudhanegara, M. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Reflika Aditama.

Mulyasa, E. (2010). Kurikulum Berbasis Kompetensi:Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riadi, E. (2014). Metode Statistika: Parametrik & Nonparametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published

2018-01-01

How to Cite

Kurnadi, K., & Safitri, P. T. (2018). Peningkatan Kemampuan Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.921