Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia

Authors

  • Winda Ramadianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mardiah Syofiana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mahyudi Mahyudi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.922

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan soal  matematika open ended dalam konteks Bumi Rafflesia yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu preliminary, prototyping, assessment. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian berupa soal-soal open-eden berkonteks bumi Rafflesia yang terdiri dari 15 soal dalam bentuk uraian yang telah valid, praktis, dan memiliki efek potensial untuk mengembagkan kemampuan berpikir kreatif matematis.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mullis. I.V.S., Martin, O.M., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 International Results in Mathematics. USA: TIMSS & PIRLS International Study Center.

Kwon, O.N., Park, J.S., & Park, J.H. (2006). Cultivating Divergent Thinking in Mathematics through an Open-Ended Approach. Asia Pacific Education Review, 7(1), 51-61.

Anwar, M.N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 44-47.

Sahrir, M.S., Alis, N.A., Ismail, Z., & Osman, N.H. (2012). Employing Design and Development Research (DDR) Approaches in The Design and Development Of Online Arabic Vocabulary Learning Games Prototype. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 11(2), 109-119.

Siswono, T.Y.E. (2009). Konstruksi Tentang Tingkat Berpikir Kreatif dalam Matematika. (Online). Tersedia :https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper07_ jurnal_univadibuana.pdf. Diakses 27 Mei 2016.

Widjaja, W. (2013). The Use of Contextual Problems To Support Mathematical Learning. Indo-MS JME 2013, 4(2), 151-159.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment on Realistic Mathematics Education For Indonesian StudentTeacher. Doctoral dissertation. Enschede: University of Twente, Enschede. The Netherland. (Online). Tersedia: http://eprints.unsri.ac.id/615/1/thesis_Zulkardi.pdf. Diakses 7 Januari 2016.

Published

2018-01-01

How to Cite

Ramadianti, W., Syofiana, M., & Mahyudi, M. (2018). Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Berkonteks Bumi Rafflesia. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 8–16. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i1.922