Pengembangan Media Visual Basic Application untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMP dengan Pendekatan Open-Ended
DOI:
https://doi.org/10.35706/sjme.v3i2.1897Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) for Microsoft Powerpoint dan Excel pada materi peluang terhadap kemampuan penalaran matematis siswa SMP. Sampel pada penelitian ini adalah 23 siswa kelas VIII salah satu SMP di Kota Cimahi Tahun Pelajaran 2018/2019. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes untuk menentukan kemampuan penalaran matematis siswa yang kemudian dianalisis ketercapaian dan kesulitan siswa pada setiap indikator yang menjadi dasar pengembangan media pembelajaran. Media kemudian diujicobakan kembali dalam pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah adanya pengaruh media pembelajaran Visual Basic Application (VBA) for Microsoft Powerpoint dan Excel dalam meningkatkan kemampuan penalaran siswa pada materi peluang, dan media tersebut dapat membantu guru saat menggunakan pendekatan Open-Ended sehingga pembelajaran di kelas lebih efektif, serta menciptakan pembelajaran peluang menjadi interaktif dan menyenangkan.
Unduhan
Referensi
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XII SMA Putra Juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144-153.
Bernard, M., & Chotimah, S. (2018). Improve Student Mathematical Reasoning Ability with Open-Ended Approach using VBA for Powerpoint. In AIP Conference Proceedings (Vol. 2014, No. 1, p. 020013). AIP Publishing.
Bernard, M., Minarti, E. D., & Hutajulu, M. (2018). Constructing Student’s Mathematical Understanding Skills and Self Confidence: Math Game with Visual Basic Application for Microsoft Excel in Learning Phytagoras at Junior High School.International Journal of Engineering & Technology, 7(3.2), 732-736.
Bernard, M., Rosyana, T., & Afrilianto, M. (2018, December). Improve Students Creative Ability in Discrete Mathematics Course with Approach Open Ended Assisted Visual Basic Application for Excel. In International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia (Vol. 3, pp. 602-607).
Jamal, F. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Latifah, R. A., & Mahmudi, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 7(2), 58-66
Tjiptiany, E. N., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(10), 1938-1942.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak cipta dilindingi undang-undang berdasarkan Undang-undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta. Dilarang memperbanyak isi jurnal ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) sebagai pemegang Hak Cipta terhadap seluruh isi dari jurnal tersebut.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.