IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENDETEKSI GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS MOBILE HANDPHONE

Authors

  • Marganda Simarmata Program Studi Teknik Informatika STMIK Sisingamangaraja XII, Medan
  • Dahlan Abdullah Program Studi Informatika Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, Aceh

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v4i01.182

Abstract

Sistem Pakar merupakan bagian dari kecerdasan buatan yang dapat bertindak seperti pakar yang mampu menirukan penalaran seorang pakar dengan keahlian pada suatu pengetahuan tertentu. Sistem Pakar dapat menggantikan peran seorang pakar menggunakan program komputer yang pada prinsip kerjanya memberikan solusi seperti yang dilakukan oleh seorang pakar.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi jenis gangguan pekembangan anak menggunakan metode Certainty Factor dengan teknik pelacakan Forward Chaining serta basis pengetahuan yang dapat di update sesuai perkembangan pengetahuan. Program sistem pakar yang dirancang menggunakan bahasa pemograman PHP yang diterapkan ke dalam WAP/ Web yang dapat diakses dari mobile handphone.  Hasil implementasi dalam penelitian ini dapat digunakan dengan mudah (user-friendly) untuk mendeteksi jenis gangguan perkembangan anak melalui handphone sehingga tidak harus berhadapan langsung dengan komputer.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Certainty Factor, gangguan perkembangan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Efraim, Jay dan Ting Peng (2005). Decision Support System and Intelegent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Edisi 7, Jilid 2. Yogyakarta: Andi.

Giarrantano dan Riley (1994). Expert Systems: Principles And Programming. Massachusetts: Thomson Course Technology.

Mc Leod (1995). Sistem Informasi Manajemen: Studi Sistem Informasi Berbasis Komputer. Jilid II. New Jersey: Prentice-Hall International.

Russe Stuart (1995). Artificial Intelligence a Modern Approach. Jersey: Prentice-Hall International.

Turban, E. (1995). Decision Support and Expert System; Management Support System. Newyork:Prentice-Hall.

Turban, E. (1998). Decision Support and Expert System; Management Support System. 5thEd., Newjersey: Prentice-Hall.

World Health Organization. (1992). The ICD-10 Classification of Mental and Behavioral Disorders. http://www.mentalhealth.com.

Published

2016-02-23

How to Cite

Simarmata, M., & Abdullah, D. (2016). IMPLEMENTASI METODE CERTAINTY FACTOR UNTUK MENDETEKSI GANGGUAN PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS MOBILE HANDPHONE. Syntax : Jurnal Informatika, 4(01). https://doi.org/10.35706/syji.v4i01.182

Issue

Section

Artikel