APLIKASI TES BUTA WARNA MENGGUNAKAN METODE ISHIHARA

Authors

  • Dahlan Abdullah Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Malikussaleh
  • Irma Oktari

DOI:

https://doi.org/10.35706/syji.v4i01.188

Abstract

Aplikasi Tes Buta Warna bertujuan untuk memudahkan dokter dalam melakukan tes buta warna secara massal dengan menggunakan suatu bahasa pemograman Visual Basic. Masalah yang ada saat ini adalah tidak efesiennya pemeriksaan buta warna dalam pengetesan membutuhkan biaya yang besar dan juga masih jarang dilakukan. Buta warna antar individu yang satu dengan yang lainnya memiliki perbedaan, ada buta warna total dan buta warna parsial. Metode Ishihara adalah tes yang terdiri dari serangkaian gambar dari titik-titik berwarna. Pasien yang buta warna total hanya melihat warna hitam putih sedangkan buta warna parsial tidak bisa membedakan warna. Hasil dari tes buta warna didapatkan bahwa semakin banyak pasien mengetes penyakit Buta Warna maka hasil menunjukkan tingkat keberhasilan pengetesan dalam membedakan warna, aplikasi ini lebih efesien digunakan dan lebih mudah dikarenakan tidak perlu menghabiskan waktu yang lama.

Kata Kunci : Parsial, Tes Buta Warna, Warna

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Mulyanto, Sistem Informasi Konsep & Aplikasi Pustaka Belajar. Yogyakarta, 2009

Kurnia, 2009. Tanda dan Gejala Buta Warna. Fakultas Teknik Universitas Andalas, Padang.

Pinel, John P.T. 2009. Biopsikologi Edisi Ketujuh (diterjemahkan oleh Helly P Soetjipto dan Sri M Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelopor.

Rahmadi, 2009 Penentuan Tingkat Buta Warna pada metode Ishihara. Fakultas Teknik Universitas Andalas, Padang.

Siti Rachmah, 2009. Biologi SMA/MA kelas XII. PT. Pustaka Insan Madani.

Vincent Gaspersz 2009, Analisis Sistem Terapan. Fakultas Tri Sakti, Jakarta.

Widianingsih, Ratri. Dkk. 2010. Aplikasi Test Buta Warna Menggunakan Dengan Metode Ishihara Berbasis Komputer.FIMPA Universitas Mulawarman. Samarinda.

Published

2016-02-23

How to Cite

Abdullah, D., & Oktari, I. (2016). APLIKASI TES BUTA WARNA MENGGUNAKAN METODE ISHIHARA. Syntax : Jurnal Informatika, 4(01). https://doi.org/10.35706/syji.v4i01.188

Issue

Section

Artikel