Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi Gelombang Air Laut Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno

Authors

  • Amdani Amdani Program Studi Teknik Kelautan, Politeknik Kelautan dan Perikanan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2982

Abstract

Rancang bangun alat ukur tinggi gelombang air laut dengan Arduino Uno ATmega 328 dan wave tank ini berfungsi sebagai alat digital sederhana berbasis mikrokontroller yang dapat mengukur tinggi gelombang laut secara realtime dengan sistem penyimpanan data offline dan data pengukuran dapat digunakan sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan pelabuhan, jetty, keramba jaring apung pantai, bangunan apung, aktifitas nelayan dan pelayaran. Secara keseluruhan alat ukur tinggi gelombang telah dapat beroperasi dengan baik dan menyimpan data secara offline, data yang terbaca tidak stabil dipengaruhi oleh permukaan air yang bergerak atau gelombang selalu berbeda pada setiap percobaan. Dalam pengambilan data menggunakan alat yang telah dibuat didapatkan nilai error yang mulai muncul pada percobaan ke 8, 9 dan 10. Hal ini dipengaruhi oleh tingginya permukaan air sehingga terlalu dekat dengan keberadaaan sensor. Hasil uji alat ukur tinggi gelombang dapat bekerja secara otomatis menyimpan data sehingga pada 10 kali percobaan ini didapatkan hasil dengan nilai rata-rata error sebesar 0.99%, kesalahan relatif antara data alat dan visual sebesar 1.96% dengan akurasi rata-rata sebesar 99%, selisih standar deviasi antara alat dan visual sebesar 0.0969 ini tidak signifikan. Hasil pembuatan wave tank sebagai media untuk percobaan secara otomatis terdapat kendala, hal ini terjadi karena faktor salah satu komponen penggerak gelombang (servo) mengalami kerusakan karena torsi servo yang kecil sehingga tidak mampu mengangkat beban massa air yang terlalu besar. Pada saat percobaan, dalam menggerakan gelombang hanya secara manual karena pada dasarnya acuan pertama yang diamati merupakan gelombang saja.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung MB. 2014. Arduino For Beginners. Surya University. Banten.

Arifin J, Zulita LN dan Hermawansyah. 2016. Perancangan Murrotal Otomatis Menggunakan Mikrokontroller Arduino Mega 2560. Jurnal Median Informa. Vol 12 (1). Bengkulu.

Cytron Tecnologies. 2013. User manual HCSR04. Malaysia.

Hendriadi. 2016. Rancang Bangun Sistem Monitoring Tinggi Gelombang Laut dan Kecepatan Gelombang Laut Untuk Sistem Kepelabuhanan. Tanjung Pinang.

Juanidi dan Prabowo YD. 2018. Project Sistem Kendali Elektronik Berbasis Arduino Uno. Anugrah Utama Raharja. Bandar Lampung.

Khoir MM. 2018. Rancang Bangun Alat Monitoring Pasang Surut Air Laut Berbasis Internet Of Thing (IOT). Surabaya.

Kurniawan R. Habibie MN dan Suratno. 2011. Variasi Bulanan Gelombang Laut Di Indonesia. Jakarta.

Muhidin A. 2010. Pemrograman Bahasa C++. Zeyrank Offset. Bekasi

Munandar E, Jaya I dan Atmadipoera AS. 2018. Rancang Bangun dan Uji Kinerja Wave Buoy Sebagai Alat Pengukur Tinggi Gelombang Pesisir. Vol. 10 (1). 1-14. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kelautan Tropis. Bogor.

Mutmainah. 2015. Studi Model Pemecah Gelombang Menggunakan Ripple Tank. Makassar.

Novita D. 2015. Modul Praktikum Statistika. Palembang.

Nugraha KF. 2016. Tugas Sensor Ultrasonik HCSR04. Makassar.

Pribadi B dan Mulsandi. 2015. Simulasi Tinggi Gelombang Signifikan Dengan Menggunakan Model Wavetach-III. Jurnal Meteorologi dan Geofisika. Jakarta.

Purwantoro. Solehudin, Arip. Heryana, Nono. Mapping and Monitoring Pollution Levels of Carbon Monoxide (CO) using Arduino and Location-Based Service. International Journal of Engineering and Techniques. Vol 5 (6). 1-5.

Santoso H. 2015. Panduan Praktis Arduino Untuk Pemula. V(1). Elang Sakti Trenggalek.

Sena SA. 2013. Perancangan dan Pembuatan Application Proggraming Interface Server Untuk Arduino. Malang.

Sofyan, Affianto CB dan Liyan S. 2016. Pembuatan Prototype Alat Ukur Peneteksi Level Air Menggunakan Arduino R3. Jurnal Informasi Interaktif. Vol 1(2). Yogyakarta.

Sokop JS, Mamahit DJ, Sompie SRUA. 2016. Trainer Periferal Antarmuka Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno. E-journal teknik elektro dan komputer. Vol 5 (3). Sulawesi Utara.

Suharyo OS. 2018. Rancang Bangun Alat Pengukur Gelombang Permukaaan Laut Presisi Tinggi (A Prototype design). Applied Technology and Computing Science Journal. Vol 1(1). Surabaya.

Suherman, Andriyanto I dan Dwiyatno S. 2015. Rancang Bangun Alat Ukur Temperatur Suhu Perangkat Server Menggunakan Sensor LM35 Berbasis SMS Gateway. Jurnal Prosisko. Vol2(1). Banten.

Winata PPT, Wijaya WA dan Suartika M. 2016. Rancang Bangun Sistem Monitoring Output dan Pencatatan Data Pada Panel Surya Berbasis Mikrokontroller Arduino . E-Journal Spektrum.Vol. 3.(1). Bali.

Zulfikar, Zulhelmi dan Amri K. 2016. Desain Sistem Kontrol Penyalaan Lampu dan Perangkat Elektronik Untuk Meniru Keberadaan Penghuni Rumah. Vol 5(1). Aceh.

Downloads

Published

2019-12-01

How to Cite

[1]
A. Amdani, “Rancang Bangun Alat Ukur Tinggi Gelombang Air Laut Berbasis Mikrokontroller Arduino Uno”, Systematics Journal, vol. 1, no. 2, pp. 130–139, Dec. 2019.