Desain Dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web (Studi Kasus : Toko Baju Ladya)

Authors

  • Tohirin Al Mudzakir
  • Abu Bakar

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3444
Abstract views: 622

Abstract

Pengguna internet di Indonesia tiap tahun semakin bertambah, dari data yang di himpun Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia menyebutkan bahwa pengguna internet di Indonesia pada tahun 2013 mencapai 82 juta, ini baru 30% dari penduduk Indonesia. Begitu juga dengan bisnis ecommerce, pertumbuhan pesat pangsa pasar e-commerce di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang web site toko ladya sehingga dapat meningkatkan penjualan dan juga bisa mengetahui laba rugi dari penjualan tersebut. Metode untuk pengembangan aplikasi adalah Prototype dan untuk metode untuk meningkatkan penjualan adalah metode Customer Relationship Management (CRM). Alasan pemanfaatan Prototype yaitu pada proses pembuatan sistem lebih mendengar kepada keinginan User sehingga hasil penelitian yang dilakukan akan sesuai dengan yang diharapkan. Tools pendukung yang digunakan pada penelitian ini yaitu, bahasa pemrograman PHP, dan basis data MySQL. Sedangkan untuk penulisan code program menggunakan Codeigneter. Hasil dari penelitian ini adalah Website toko ladya.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adi Nugroho (2010). E COMMERCE. Bandung : Informatika

Budi Raharjo, dkk. Modul Pemrograman Web HTML, PHP & MySQL. Informatika. Bandung. 2011.

Huda, Baenil, and Bayu Priyatna. "Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce." Systematics, vol. 1, no. 2, 2019, pp. 81-88, doi:10.35706/sys.v1i2.2076.

Eva Yulianti & Ifwandi Putra. (2014). Perancangan Aplikasi Customer Relationship Management (Crm) Pada English Language School (Els) Dengan Bahasa Pemrograman Php. ISSN : 1693-752X.

Freddy Rangkut. Analisis SWOT (2014). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Janner Simarmata. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak. Andi. Yogyakarta. 2009.

Leonardo MP, Fany Junianti & A. Wahyu Sudrajat. (2013). Aplikasi Pelayanan Pemesanan Online Pada Digital Printing Ecoprint Palembang. Retrieved from http://eprints.mdp.ac.id/id/eprint/827

Nani Mintarsih & Witari Aryunani. (2013). Pendekatan CRM (Customer Relationship Management) Terhadap Pembuatan Situs E-Commerce Dalam Memaksimalkan Jumlah End User. Retrieved from witari_aryunani.staff.gunadarma.ac.id/.../Pendekatan+CRM.pdf

Priatama, Yoga. 2010. (2012). Perancangan Dan Implementasi Aplikasi CRM Menggunakan Framework CodeIgniter. Retrieved from repository.uksw.edu/bitstream/.../1/T1_672008033_Abstract.pdf.

Priyanto Hidayatullah & Jauhari Khairul Kawistara (2014). Pemrograman Web. Bandung : Informatika.

Gustiana, Y., Jaman, J. H., & Heryana, N. (2018). Rancang Bangun Perpustakaan Digital Berbasis Document Management System pada Fakultas Ilmu Komputer UNSIKA. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(2), 225-232.

Soetam Rizky. Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Prestasi Pustaka. Jakarta. 2011

Wahana Komputer & Andi Offset. Adobe Dreamweaver CS 6. Yogyakarta : Andi Offset.

Solehudin, A., Heryana, N., & Cahyana, Y. (2020). Designing and Building Client-Server Based Student Admission Applications. Buana Information Technology and Computer Sciences (BIT and CS), 1(1), 16-18.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

[1]
T. Al Mudzakir and A. Bakar, “Desain Dan Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web (Studi Kasus : Toko Baju Ladya)”, Systematics Journal, vol. 2, no. 1, pp. 1-11, Apr. 2020.

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)