Analisis Vulnerability pada Website Universitas Singaperbangsa Karawang menggunakan Acunetix Vulnerability

Authors

  • Rini Mayasari Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Azhari Ali Ridha
  • Didi Juardi Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Kiki Ahmad Baihaqi Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/sys.v2i1.3450

Abstract

Isu keamanan website merupakan hal yang sangat krusial pada masa sekarang, sehingga masalah keamanan dan kerentanan website menjadi sangat penting dalam mengembangkan aplikasi website. Dalam mendeteksi kerentanan dalam penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan perangkat lunak Acunetix Vulnerability Scanner, yang dimulai dari tahap inisiasi, investigasi, pengujian dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini, tingkt kerentanan website Universitas Singaperbangsa Karawang berada pada level 2 yaitu Medium, sehingga kemungkinan untuk mengakses dan mengumpulkan informasi sensitif, karena dengan infromasi tersebut penyusup bisa dengan mudah mengeksploitasi kelemahan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Number of Internet Users (2016) - Internet Live Stats. (2020, February 2).

Juardi, D. (2017, November 28). Kajian Vulnerability Keamanan Jaringan Internet Menggunakan Nessus. Syntax: Jurnal Informatika.

Priscyllia, F. (2019). Perlindungan Privasi Data Pribadi Perspektif Perbandingan Hukum. Jatiswara, 34(3), 239-249.

Purwantoro, P. (2017). Implementasi Metode Online Scanner Untuk Mencari Kerentanan Keamanan (Vulnerability) Server (Studi Kasus: Website www.unsika.ac.id). JURNAL REKAYASA INFORMASI, 6(1). Retrieved from https://ejournal.istn.ac.id/index.php/rekayasainformasi/article/view/34

Tania, A. M., Setiyadi, D., & Khasanah, F. N. (2018, June 1). Keamanan Website Menggunakan Vulnerability Assessment. INFORMATICS FOR EDUCATORS AND PROFESSIONAL : Journal of Informatics.

Ghozali, B., Kusrini, K., & Sudarmawan, S. (2019). Mendeteksi Kerentanan Keamanan Aplikasi Website Menggunakan Metode Owasp (Open Web Application Security Project) Untuk Penilaian Risk Rating. Creative Information Technology Journal, 4(4), 264-275.

Downloads

Published

2020-04-01

How to Cite

[1]
R. Mayasari, A. Ali Ridha, D. Juardi, and K. Ahmad Baihaqi, “Analisis Vulnerability pada Website Universitas Singaperbangsa Karawang menggunakan Acunetix Vulnerability”, Systematics Journal, vol. 2, no. 1, pp. 33–38, Apr. 2020.

Issue

Section

Articles