PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KEDAI KOPI KINI SUKARAME)
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v3i1.10529Abstrak
Kualitas produk dan persepsi harga merupakan dua faktor utama yang memengaruhi loyalitas pelanggan dalam sebuah bisnis. Kualitas produk yang tinggi cenderung meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang antara produk dan konsumen. Sementara itu, persepsi harga atau nilai relatif produk dapat memengaruhi bagaimana pelanggan menilai keadilan dalam pertukaran antara apa yang mereka bayar dan apa yang mereka terima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan anatara kualitas produk dn persepsi harga terhadap loyalitas dari konsumen. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan secara kuntitatif. Data yang digunakan adalah data primer dengan cara menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen kedai kopi kini Sukarame. Sampel yang digunakan sebanyak 91 orang responden dan diambil dengan cara nonprobability sampling dengan teknik accidental sampling. Dengan bantuan alat uji SmartPLS4. Hasil penelitian ini menjukan bahwa : (1) Kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. (2) Persepsi harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y), dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima.