PENGARUH HARGA, TINGKAT PENDAPATAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS MUHADI SETIABUDI DALAM BERBELANJA ONLINE MELALUI PLATFORM SHOPEE (STUDI KASUS MAHASISWA FEB NON REGULAR)
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v4i1.11957Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah harga, tingkat pendapatan, dan literasi keuangan mempengaruhi perilaku konsumtif mahasiswa Universitas Muhadi Setiabudi dalam berbelanja online melalui platform Shopee (studi kasus mahasiswa FEB Non Regular). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non probability sampling dan purposive sampling. Populasi penelitian ini sebanyak 322 mahasiswa, namun sampel diperoleh sebanyak 178 responden menggunakan rumus slovin. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan menggunakan Google Form kepada mahasiswa UMUS FEB Non Regular. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji t, signifikansi variabel harga sebesar 0,524 > 0,05 sehingga hipotesis pertama ditolak; signifikansi variabel tingkat pendapatan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis kedua diterima; dan signifikansi variabel literasi keuangan sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis ketiga diterima. Uji f menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga hipotesis keempat diterima. Dapat disimpulkan bahwa variabel harga secara parsial berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap perilaku konsumtif, sementara variabel tingkat pendapatan dan literasi keuangan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan, variabel harga, tingkat pendapatan, dan literasi keuangan bersama-sama berpengaruh positif.