ANALISIS MANAJEMEN PERSEDIAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH 24 ROSE PARFUME
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v4i2.12027Abstrak
Persediaan merupakan hal yang perlu diperhartikan dalam usaha hal ini disebabkan memungkinkan usaha untuk mengurangi resiko kelangkaan persediaan untuk memenuhi permintaan pelanggan, menghemat biaya, menjamin perputaran arus barang, mengurangi keterlambatan pengiriman sehingga usaha dapat meningkatkan pelayanan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen persediaan dan mengetahui bagaimana manajemen persediaan yang baik pada UMKM 24 ROSE PARFUME. Jenis penelitian yang dilakukan adalah pengamatan langsung dengan pendekatan kualitatif sumber informasi dari penelitian ini didapat dari pemilik toko parfume. Hasil penelitian ditemukan bahwa toko parfume belum menerapkan manajemen persediaan yang efektif dan efisien. Hal ini dapat terlihat adanya kelangkaan pada varian tertentu terutama yang menjadi best seller. Pembeli harus menunggu barang yang dibutuhkan untuk dipesan kembali kemudian dikabari lagi jika sudah tersedia. Hal ini karena pemilik hanya akan memesan kembali persediaan pada saat sudah habis. Maka dari itu peneliti menggunakan teknik EOQ, Safety Stock, Reorder Point untuk mencari teknik yang mampu mengoptimalkan persediaan.