PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN E-TRUST TERHADAP MINAT BELI PADA E-COMMERCE BLIBLI.COM DI KOTA BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v2i2.7605Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis tentang Pengaruh E-Service Quality dan E-Trust Terhadap Minat Beli Pada E-Commerce Blibli.com di Kota Bekasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis dan melakukan pengujian hipotesis serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan rumus issac-michael dan taraf kesalahan 5% serta Teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik analisis rentang skala dan analisis jalur dengan bantuan Method Seccesive Internal (MSI), program computer Microsoft Excel 2019 dan aplikasi SPSS versi 20. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa e-service quality, e-trust dan minat beli pada e-commerce Blibli.com di Kota Bekasi berada pada kategori baik. Artinya, e-service quality yang diberikan oleh e-commerce Blibli.com dinilai mampu memberikan kepercayaan kepada konsumen untuk melakukan pembelian pada e-commerce Blibli.com. Secara parsial e-service quality berpengaruh signifikan terhadap minat beli sedangkan e-trust tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli. dan e-service quality, e-trust berpengaruh secara simultan terhadap minat beli.