PENGARUH STRATEGI PEMASARAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA JASA KURSI PIJAT DI PT. NUSANTARA SEHAT-PERFECT RELAXIN BANDARA DEPATI AMIR KOTA PANGKALPINANG
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v3i3.8600Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pemasaran dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa kursi pijat di PT Nusantara Sehat-Perfect Relaxat Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang dengan metode pengambilan sampel nonprobability sampling dengan menggunakan metode incidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan uji R2 dengan menggunakan Statistics Package for Social Science (SPSS) versi 24.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif pada variabel strategi pemasaran dengan nilai rata-rata 3,37 (sedang), kualitas pelayanan 3,35 (sedang), dan kepuasan konsumen 3,34 (sedang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran (X1) mendapatkan nilai thitung>ttabel(6,161>1,973), variabel kualitas pelayanan (X2) mendapatkan nilai thitung>ttabel (7,764>1,973). Artinya strategi pemasaran, kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Diketahui dari uji F nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, hal ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan uji t diketahui bahwa secara parsial strategi pemasaran dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.