ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN MATRIKS IE DAN MATRIKS SWOT (STUDI KAUSUS: MARCO DONUTS COFFE & RESTO, GALAXY)
DOI:
https://doi.org/10.35706/jfms.v3i3.8976Abstrak
Marco Donuts Coffee and Resto Galaxy merupakan salah satu jenis usaha di bidang kuliner yang berdiri sejak tahun 2021. Marco Donuts Coffee and Resto Galaxy berada di Jalan Boulevard Raya, Kav E-154, Kota Bekasi, Jawa Barat. Marco Donuts Coffee and Resto Galaxy setiap harinya harus memenuhi kebutuhan konsumen dan menentukan strategi penjualan yang tepat untuk dapat bersaing dengan usaha di bidang kuliner lainnya. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi jumlah pengunjung yang datang ke Marco Donuts Coffee and Resto Galaxy, menyusun rancangan strategi alternatif yang sesuai dan memberikan rekomendasi strategi alternatif yang dapat digunakan Marco Donuts Coffee and Resto Galaxy sesuai dengan keadaan internal dan eksternalnya. Analisis data menggunakan metode IE dan SWOT dengan menggunakan dua tahap pelaksanaan analisis data. Hasil dari penelitian ini bahwa matriks IFE Marco Donuts Coffee & Resto Galaxy menghasilkan nilai rata-rata IFE sebesar 2,56 dan rata rata EFE sebesar 3,24. Posisi cafe berada di posisi kuadran II yang memberikan indikasi saat ini cafe sedang berada di posisi tumbuh dan membangun strategi yang diterapkan oleh manajer adalah strategi intensif dan integratif, strategi intensif meliputi penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk. Sedangkan strategi integratif meliputi integrasi ke depan dan belakang. Dari hasil tersebut diharapkan kedepan cafe tersebut dapat menaikan di bagian kekuatan mereka dan memperbaiki kekurangan yang sudah kita dapatkan informasinya, agar konsumen dapat lebih baik dan mendapat kepercayaan dari masyarakat pada Marco Donuts Coffee & Resto Galaxy.