Pembelajaran Metode Diskusi Kelompok pada Paket C di PKBM Bina Sejahtera Karawang
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3865Abstrak
Tujuan mendeskripsikan proses, faktor pendukung dan penghambat, hasil metode diskusi kelompok (mata pelajaran PPKn). Konsep Aqib (2014:107) “metode diskusi merupakan interaksi antara siswa dengan siswa atau siswa dengan guru untuk menganalisis, memecahkan masalah, menggali, memperdebatkan topik atau permasalahan tertentu”. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus , teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan studi dokumentasi, subyek penelitian 1 orang pengelola, 1 orang tutor dan 3 orang warga belajar. Hasi penelitian menggunakan metode diskusi kelompok meningkatkan kreativitas, wawasan serta daya pikir warga belajar dalam menjawab soal atau masalah, terdapat faktor internal dan eksternal, banyak hal positif yang di dapat setelah menggunakan metode diskusi kelompok. Pembahasan penelitian terdapat lima langkah pembelajaran, faktor internal: minat, bakat, kesadaran, ketertarikan dan perhatian, faktor eksternal: kompetensi tutor, peran pengorganisasian kelas, sarana dan prasarana, hasil belajar dibagi menjadi tiga ranah kognitif, efektif dan psikomotor. Kesimpulan pembelajaran metode diskusi kelompok berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran. Saran pihak lembaga sebaiknya menambahkan metode diskusi ini ke mata pelajaran yang lain, warga belajar sebaiknya lebih memperhatikan lagi ketika proses pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok.
Unduhan
Referensi
Aqib, Zainal dan Murtadlo, Ali (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Kalida, Muhsin (2014). TBM PKBM Model dan Strategi Pengembangannya. Yogyakarta: Cakruk Publishing
Kamil, Mustofa (2011). Pendidikan Nonformal. Bandung: Alfabeta
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuaktitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Community Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.