Metode Pembelajaran Terprogram Dalam Lembaga Kursus
DOI:
https://doi.org/10.35706/joce.v1i1.3870Abstrak
Dalam melaksanakan suatu kegiatan belajar mengajar pada suatu lembaga kursus, dibutuhkan metode pembelajaran tertentu yang sesuai dengan kebutuhan serta tujuan pembelajaran. Ada banyak metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk dapat membantu guru memberikan materi pembelajaran kepada para murid, namun pada prosesnya, setiap murid memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menerima materi pelajaran tersebut, sehingga dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang dapat membantu murid untuk mengikuti kegiatan belajar namun tetap dapat..disesuaikan dengan kemampuan masing-masing individu murid. Terdapat suatu metode pembelajaran yang dapat menjadi solusi dari permasalahan diatas yaitu metode pembelajaran terprogram, seperti yang diimplementasikan oleh Lembaga kursus AHA Smart Karawang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran , faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran, serta hasil metode pembelajaran terprogram dalam lembaga kursus. Penelian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dengan menggunakkan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran terprogram terdapat tiga tahapan dalam proses pembelajaran, yang memfokuskan pada kebutuhan belajar murid, yang dapat meningkatkan kemampuan murid dalam mengerjakan soal-soal matematika secara cepat dan tepat, sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam proses metode pembelajaran terprogram para murid dapat leluasa serta tidak tertekan..akan tuntutan materi pembelajaran karna materi yang..dapat disesuaikan dengan kemampuan para murid.
Kata kunci: Lembaga Kursus, Metode Pembelajaran Terprogram.
Unduhan
Referensi
Aqib, Zainal. Murtadlo, Ali. (2016) Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Bandung: Satu Nusa.
Hanifah, Mia. (2019) Pelatihan life skill budidaya pertanian caisim untuk kemandirian berwirausaha warga binaan di lembaga pemasyarakatan kelas II A karawang. Karawang : UNSIKA.
Sakti, Erlangga A. Maskun. Arif, Suparman. (2015) “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Terprogram Dalam Pembentukan Minat Belajar Siswa”
Sulistyo, Ari. (2016) Manajemen Pembelajaran Kursus Bahasa Inggris Pada Lembaga International Language Programs Semarang. Semarang : UNS.
Sanjaya, H. Wina. (2010) Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Journal of Community Education
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.