POLA ASUH DEMOKRATIS OLEH ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih minimnya kemandirian anak usia dini yang di akibatkan oleh pola asuh orangtua. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan bagi orangtua agar menerapkan pola asuh yang terbaik bagi anaknya. Lokasi penelitian ini dilakukan di Paud Nurul Yaqin, Sindangkasih, Ciamis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pola asuh orangtua dalam keluarga, termasuk kebutuhan fisik dan psikologis serta hubungan orang tua dengan anaknya karena pola asuh orang tua sangat mempengaruhi keberhasilan anaknya di masa depan, tidak hanya dalam hal keberhasilan di dunia tetapi juga di akhirat dan juga untuk meningkatkan . anak menjadi manusia yang bermartabat dan berharga. Akan tetapi pola asuh yang diberikan setiap orangtua kepada anaknya adalah pola asuh yang terbaik. Pola asuh demokratis adalah pola asuh yang memberikan kebebasan kepada anak dengan penuh tanggung jawab. Dengan diterapkannya pola asuh demokratis diharapkan mampu meningkatkan kemandirian kepada anak usia dini.
Kata Kunci: Pola Asuh Demokratis Orangtua, Kemandirian Anak.
Unduhan
Referensi
Irfan. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1 (3), 157-170. DOI: https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63.
Marfungah, Dewi. (2019). Peran Orang Tua Dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Universitas PGRI Semarang, 15-22. Retrieved from: http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/download/477/331
Masni, H. (2016). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6 (1), 69-81. DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v17i1.104.
Tsani, I. L., dkk. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7 (2), 1-12/ DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v7i2.10529
Djamarah, Syaiful Bahri . 2014. Pola Asuh Orangtua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyadi, Seto, dkk. 2016. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Shochib, Moh. 2014. Pola Asuh Orang Tua. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa .(2012). Manajemen PAUD .Bandung: Remaja Rosdakarya
Hairina, Y. (2016). Prophetic Parenting Sebagai Model Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter (Akhlak) Anak. Jurnal Studia Insania, 4(1), 79–94. DOI: http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v4i1.1115.
Murdoko, E. W. H. (2017). Parenting With Leadership Peran Orangtua Dalam Mengoptimalkan dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Alya Aulia Romadhani, dkk (2022). Peran Orang Tua Dalam Membangun Kemandirian Anak. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from: https://prosiding.senapadma.nusaputra.ac.id/article/view/42.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.