KOMPETENSI PEDAGOGIK TUTOR PAUD DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Abstrak
Pedagogic competence has an important role in the learning process. The purpose of this research is to understand the pedagogic abilities possessed by PAUD tutors at PAUD Syariatul Huda Tasikmalaya City and how these abilities affect the implementation of learning. The research method used in this study is descriptive qualitative, which aims to provide a detailed description of the situation and phenomena observed in PAUD Syariatul Huda. The subjects of this study were PAUD tutors, and to collect data the researcher used interviews, observation, and documentation. The findings from this study indicate that the academic qualifications of PAUD tutors can affect the tutor's abilities, knowledge, and understanding of students. The lack of pedagogical competence will also have an impact on the quality of the learning process for students. Until now, the learning carried out by tutors has not been able to reflect developments that cover all aspects of child development.
Keywords: Pedagogic Competence, PAUD Tutors, and Implementation of Learning.
Kompetensi pedagogik memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pedagogik yang dimiliki oleh tutor PAUD di PAUD Syariatul Huda Kota Tasikmalaya dan bagaimana pengaruh kemampuan tersebut terhadap pelaksanaan pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran secara rinci mengenai situasi dan fenomena yang diamati di PAUD Syariatul Huda. Subjek penelitian ini adalah tutor PAUD, dan untuk mengumpulkan data peneliti menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualifikasi akademik tutor PAUD dapat mempengaruhi kemampuan, pengetahuan, dan pemahaman tutor terhadap peserta didik. Kurangnya kompetensi pedagogik juga akan berdampak pada kualitas proses pembelajaran bagi peserta didik. Hingga saat ini, pembelajaran yang dilakukan oleh tutor belum dapat mencerminkan perkembangan yang mencakup seluruh aspek perkembangan anak.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Tutor PAUD, dan Pelaksanaan Pembelajaran
Unduhan
Referensi
Habibullah, A. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. Eduukasi: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 10(3).
Kasmi. (2018). Meningkattkan Komptensi Pedaagogik Guru Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jurnal Global Edukasi, 2(3): 211-216.
Madjid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Madjid. (2016). Pengembanan Kinerja Guru melalui Kompetensi, Komitmen dan Motivasi Kerja. Yogyakarta: Samudera Biru.
Masdudi. (2016). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. AWLADY. Jurnal Pendidikan Anak, 1(2).
Millati, I. & Hestaliana, A. (2021). Kompetensi Pedagogik Guru di PAUD. Jurnal Genta Mulia, 12(1): 187-196.
Nurhamida, I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran, 3(1), 27–38.
Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
Rahelly. Y. (2018). Implementasi Kurikuulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini di Sumatera Selatan. Jrnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2): 381-390.
Sappile, N. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Profesional, dan Sikap Profesi Guru Tehadap Kinerja Penilaian Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan. 19(1): 47-58.
Sarjono. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD Harapan Bunda Kota Bengkulu. Jurnal Al Fitrah, 3(2): 132-140.
Sum, T. A. (2019). Kompeteensi Gurru PAUD dalam Pembelajaran di PAUD di Kecamatan Langkee Remboong Kabupaten Manggarai. Jurnal Lonto Leok PAUD. 2(1): 68-75.
Sum, T. A. & Taran, E.G. M. (2020). Komptensi Pedagoogik Guru Paud dalam Perencanaan dan Pelaksanaaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi, 4(2): 543-550.
Sutarmanto. (2009). Kompetensi dan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP UNTAN Pontianak: Jurnal Visi Ilmu Pendidikan Vol. 1 No. 1.
Undang Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JoCE (Journal of Community Education)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.