MANFAAT PLATFORM DIGITAL DIMASA COVID-19 BAGI MAHASISWA UNSIKA TAHUN AKADEMIK 2021-2022
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v1i2.5822Abstrak
Dunia sedang dilanda pandemi Covid 19 termasuk Indonesia. Seluruh aspek kehidupan terkena dampak pandemi Covid 19 termasuk aspek pendidikan. Dampak pandemi ini merubah tatanan pendidikan di Indonesia salah satunya yaitu berubahnya sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Salah satu jenis pembelajaran jarak jauh adalah pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan platform digital apa saja yang sering digunakan dalam pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dalam mengumpulkan datanya. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang dikumpulkan dari informasi penelitian, artikel, buku dan jurnal. Dari platform digital yang dapat mendukung pembelajaran daring terdapat empat platform digital yang sering digunakan yaitu whatsapp group fasilitas google (, google classroom, google form, google meet), dan zoom cloud meeting. Keingintahuan terhadap keefektifan penerapan pembelajaran daring pada masa pandemi covid- 19 bagi Prodi PJKR. Pandemi Covid-19 menyebabkan kegiatan pembelajaran berhenti secara luring selama beberapa waktu dan berganti menggunakan sistem pembelajaran daring untuk mengurangi penyebaran virus. Pembelajaran daring memiliki banyak tantangan, di antaranya fokus mahasiswa kurang efektif karena proses penyampaian materi tidak dilakukan secara langsung atau tatap muka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan dosen telah melaksanakan kegiatan pembelajaran daring secara baik. Hal ini ditunjukkan dengan kajian pustaka berupa hasil dari pernyataan mahasiswa, bahwa dosen dapat menjelaskan materi dengan baik dan mahasiswa mudah memahaminya. Dosen juga memanfaatkan teknologi dengan baik untuk menunjang pembelajaran daring. Selain itu, mahasiswa menyatakan ‘sangat setuju’ bahwa dosen memiliki waktu untuk merespon tanggapan dan pertanyaan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa telah mampu menggunakan perangkat pembelajaran dengan baik sehingga mengurangi hambatan yang terjadi saat perkuliahan. Hasil pencarian berdasarkan kata kunci tersebut didapatkan 601 penelitian, artikel, buku dan jurnal setelah melalui proses seleksi menggunakan kriteria diatas diperoleh delapan artikel. Penulis memberi saran kegiatan pembelajaran daring berlangsung diselingi dengan pembelajaran tatap muka kurang lebih satu hingga dua kali dalam seminggu dengan jumlah peserta 50% dari kapasitas kelas. Penulis juga mengusulkan para pengajar meningkatkan kreativitas dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat memudahkan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan.
Unduhan
Referensi
Aas F H, R Al Adawiyah & P Ayu, Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid- 19 tahun 2020.
Abidin, Y. (2016). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 298-303).
Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880-989.Endang H & Aldim, I, Efektivitas Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid- 19: Survey Online”
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembalajaran Daring. In Deepublish (Vol. 1, Issue 1). Http://Digilib.Esaunggul.Ac.Id/Public/Ueu-
Bulan, S., & Zainiyati, H. S. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Media Google Formulir Dalam Tanggap Work From Home Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) 1 Paser. Syamil Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8.
Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775-783.
Felisitas Erika Kusumawardhani, Efektivitas Pembelajaran Berbasis Daring Bagi Mahasiswa di Masa Pandemi Covid 19 Tahun 2021.
Hakim, A. B. (2016). Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle , Google Classroom Dan Edmodo. 2, 1–6.
Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.
Isman, M. (2017). Pembelajaran Moda Dalam Jaringan (Moda Daring). The Progressive And Fun Education Seminar, 586–588.
Molinda, Michael. 2005. Instrucsional Technology and Media for Learning. New Jersey: Colombus.
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2006). Investigating The Impact Of Learner Characteristics On Blended Learning Among Japanese Students. Proceedings Of The International Conference On E-Learning, Icel, 2006- January(3), 361–370.
Nugraha, N. E., & Izzuddin, D. A. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang. Jurnal Olahraga Kebugaran dan Rehabilitasi (JOKER), 1(1), 41-52.
Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Siregar, M. N. F., Amalyaningsih, R., C., F. A. A., & F., A. A. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan Ipa Saat Masa Pandemi Covid-19 Di Uin Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal Of Science Learning, Volume 1,(1), 32–36.
Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makasar, 122–125. Https://Webcache.Googleusercontent.Com/Search?Q=Cache:Ss_Jkm_R2taj:Https: //Ojs.Unm.Ac.Id/Semnaslemlit/Article/Download/8256/4767+&Cd=2&Hl=Id&Ct =Clnk&Gl=Id
Waryanto, Nur Hadi.2006. On Line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran.Jurnal Matematika Pendidikan Matematika Pythagoras.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud Sebagai Model Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Adi Widya Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 61–68.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rustam Effendi, Setio Nugroho, Deden Akbar Izzuddin, Sulthon Maulana Alauddin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.