MODEL BELAJAR SERVIS DOUBLE EVENT SEPAK TAKRAW PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 249 JAKARTA BARAT

Penulis

  • Yunita Indria Universitas Negeri Jakarta
  • Abdul Gani Universitas Negeri Jakarta
  • Iwan Setiawan Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35706/joker.v2i2.7144

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membuat model belajar servis double event sepak takraw. model pembelajaran ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi guru PJOK dan para pelatih ekstrakulikuler dalam memberikan proses belajar ekstrakulikuler di sekolah. Materi yang di ajarkan tidak menyulitkan dan memberatkan anak, karena anak usia Sekolah Menengah Pertama masih berada pada tahapan anak untuk belajar, Untuk menciptakaninovasi dalam proses suatu model pembelajaran. Metode yang digunakan dan penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Adapun fungsi dari penelitian ini ialah untuk menciptakan suatu metode model belajar servis double event sepak takraw yang dapat digunakan oleh pelatih untuk mempermudah dalam proses belajar sepak takraw di sekolah. Uji coba yang dilakukan dengan memberikan 13 model belajar yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket expert judgment. Didapatkanlah 13 model pembelajaran yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji kemenarikan dan kemudahan serta layak digunakan untuk proses belajar sepak takraw.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdul Gani dkk. (2020) Sepak Takraw Double Event Model-model Latihan dan Teori. Sepak Takraw Double Event. Jakarta: Rajawali Press.

Artyhadewa, M. S. (2017). Pengembangan model permainan sepak takraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12804

Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826

Fauzy, F. A. A., Shah, Z. A., Rd Saedudin, R., Kasim, S., Azadin, A. A., Ahmar, A. S., & Hidayat, R. (2018). Registration system and UTM games decision using the website application. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.2.12320

Gemael, Q. A., Izzuddin, D. A., & Afrinaldi, R. (2019). Effectiveness Instrument Test On Play-Based Method Of Football ‘S Warm-Up Model. Jipes-Journal Of Indonesian Physical Education And Sport, 5(02), 56-66.

Hanif, A. S. (2015). Kepelatihan Dasar Sepaktakraw. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Heriansyah, & Suhartiwi, A. (2021). Permainan Sepak Takraw Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Pertandingan dan Perwasitan. CV. Jakad Media Publishing.

Ilham, A. (2021). Pengaruh Latihan Single Leg Bound dan Split Jump Terhadap Kemampuan Servis Punggung Sepak Takraw. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(1). https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.43

Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Masa, S., & Haryanto, A. I. (2022). Perbedaan pengaruh metode dril terhadap teknik dasar sepak takraw. 4(1), 10–16.

Maulana, S., Izzuddin, D. A., & Dewi, R. R. K. (2021). Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Power Tungkai Atlet Pencak Silat Ilmu Keolahragaan Unsika. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (Joker), 1(2), 98-104.

Putra, F. W., Suwo, R., & Nasarudin, N. (2020). Hubungan Persepsi Kinestetik Dengan Keterampilan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw. KINESTETIK. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10398 44

Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Cet.12 . Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprayitno. (2018). Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw (Studi Ekperimen tentang Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Motorik pada Mahasiswa PJKR FIK Unimed). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1).

Syam, A. (2019). Analisis Kemampuan Inteligensi Atlet Cabang Olahraga Sepak Takraw Provinsi Gorontalo. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2). https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2385

Wiyaka, I., Hasibuan, M. N., & Purba, P. H. (2018). Perbedaan Pengaruh Koordinasi Mata-Kaki Dan Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Servis Atas Sepak Takraw Pada Mahasiswa PKO FIK UNIMED. JURNAL PRESTASI, 2(3). https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10127

Zawi, M. K., & Yusoff, M. S. (2008). Kinematic analysis of the kuda and sila service techniques in sepak takraw. Malaysian Journal of Sport Science and Recreation, 4(1).

Zulkifli, Z., Yani, A., Kamarudin, Sasmarianto, Alficandra, & Henjilito, R. (2020). Pengaruh Dua Gaya Mengajar Mosston dan Dukungan Motor Ability Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Takraw. Journal Sport Area, 5(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4693

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-10-31

Cara Mengutip

Indria, Y., Gani, A., & Setiawan, I. (2022). MODEL BELAJAR SERVIS DOUBLE EVENT SEPAK TAKRAW PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 249 JAKARTA BARAT. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (JOKER), 2(2), 100–106. https://doi.org/10.35706/joker.v2i2.7144