MODEL BELAJAR SERVIS DOUBLE EVENT SEPAK TAKRAW PADA SISWA EKSTRAKURIKULER SMPN 249 JAKARTA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.35706/joker.v2i2.7144Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk membuat model belajar servis double event sepak takraw. model pembelajaran ini nantinya dapat dijadikan sebagai bahan referensi bagi guru PJOK dan para pelatih ekstrakulikuler dalam memberikan proses belajar ekstrakulikuler di sekolah. Materi yang di ajarkan tidak menyulitkan dan memberatkan anak, karena anak usia Sekolah Menengah Pertama masih berada pada tahapan anak untuk belajar, Untuk menciptakaninovasi dalam proses suatu model pembelajaran. Metode yang digunakan dan penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Adapun fungsi dari penelitian ini ialah untuk menciptakan suatu metode model belajar servis double event sepak takraw yang dapat digunakan oleh pelatih untuk mempermudah dalam proses belajar sepak takraw di sekolah. Uji coba yang dilakukan dengan memberikan 13 model belajar yang telah dibuat peneliti untuk dianalisa dengan pengisian angket expert judgment. Didapatkanlah 13 model pembelajaran yang dianggap layak dan kemudian dilakukan uji kemenarikan dan kemudahan serta layak digunakan untuk proses belajar sepak takraw.
Unduhan
Referensi
Abdul Gani dkk. (2020) Sepak Takraw Double Event Model-model Latihan dan Teori. Sepak Takraw Double Event. Jakarta: Rajawali Press.
Artyhadewa, M. S. (2017). Pengembangan model permainan sepak takraw sebagai pembelajaran pendidikan jasmani bagi anak SD kelas atas. Jurnal Keolahragaan, 5(1). https://doi.org/10.21831/jk.v5i1.12804
Darmiyanti, K. R., Astra, I. K. B., & Satyawan, I. M. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(3). https://doi.org/10.23887/jiku.v8i3.29826
Fauzy, F. A. A., Shah, Z. A., Rd Saedudin, R., Kasim, S., Azadin, A. A., Ahmar, A. S., & Hidayat, R. (2018). Registration system and UTM games decision using the website application. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.2.12320
Gemael, Q. A., Izzuddin, D. A., & Afrinaldi, R. (2019). Effectiveness Instrument Test On Play-Based Method Of Football ‘S Warm-Up Model. Jipes-Journal Of Indonesian Physical Education And Sport, 5(02), 56-66.
Hanif, A. S. (2015). Kepelatihan Dasar Sepaktakraw. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Heriansyah, & Suhartiwi, A. (2021). Permainan Sepak Takraw Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan Pertandingan dan Perwasitan. CV. Jakad Media Publishing.
Ilham, A. (2021). Pengaruh Latihan Single Leg Bound dan Split Jump Terhadap Kemampuan Servis Punggung Sepak Takraw. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(1). https://doi.org/10.53869/jpas.v2i1.43
Izzuddin, D. A., & Gemael, Q. A. (2020). Model Latihan Dayung Berbasis Modifikasi Alat Untuk Atlet Pemula. Sporta Saintika, 5(1), 21-30.
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama
Masa, S., & Haryanto, A. I. (2022). Perbedaan pengaruh metode dril terhadap teknik dasar sepak takraw. 4(1), 10–16.
Maulana, S., Izzuddin, D. A., & Dewi, R. R. K. (2021). Pengaruh Latihan Plyometrics Terhadap Power Tungkai Atlet Pencak Silat Ilmu Keolahragaan Unsika. Jurnal Olahraga Kebugaran Dan Rehabilitasi (Joker), 1(2), 98-104.
Putra, F. W., Suwo, R., & Nasarudin, N. (2020). Hubungan Persepsi Kinestetik Dengan Keterampilan Sepak Sila Pada Permainan Sepak Takraw. KINESTETIK. https://doi.org/10.33369/jk.v4i1.10398 44
Rusman, dkk (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta:Rajawali Pers. PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2017). Metode Penelitian Pendidikan, Cet.12 . Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suprayitno. (2018). Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw (Studi Ekperimen tentang Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Motorik pada Mahasiswa PJKR FIK Unimed). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1).
Syam, A. (2019). Analisis Kemampuan Inteligensi Atlet Cabang Olahraga Sepak Takraw Provinsi Gorontalo. Jambura Journal of Sports Coaching, 1(2). https://doi.org/10.37311/jjsc.v2i1.2385
Wiyaka, I., Hasibuan, M. N., & Purba, P. H. (2018). Perbedaan Pengaruh Koordinasi Mata-Kaki Dan Metode Pembelajaran Terhadap Kemampuan Servis Atas Sepak Takraw Pada Mahasiswa PKO FIK UNIMED. JURNAL PRESTASI, 2(3). https://doi.org/10.24114/jp.v2i3.10127
Zawi, M. K., & Yusoff, M. S. (2008). Kinematic analysis of the kuda and sila service techniques in sepak takraw. Malaysian Journal of Sport Science and Recreation, 4(1).
Zulkifli, Z., Yani, A., Kamarudin, Sasmarianto, Alficandra, & Henjilito, R. (2020). Pengaruh Dua Gaya Mengajar Mosston dan Dukungan Motor Ability Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Takraw. Journal Sport Area, 5(1). https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4693
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Yunita Indria, Abdul Gani, Iwan Setiawan
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.