PERBANDINGAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED INSTRUCTION DAN STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v9i1.1108Abstrak
Problem-based Instruction (PBI) adalah bentuk pengembangan pengetahuan siswa melalui pengajuan pertanyaan yang penuh dengan makna, mengumpulkan dan mengevaluasi bukti-bukti yang terkait dengan permasalahan yang dihadapi, mengusulkan suatu penjelasan tentang masalah yang dihadapi, dan pengambilan tindakan yang dibenarkan untuk memecahkan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan metode pembelajaran keterampilan proses melalui metode pembelajaran PBI pada mata pelajaran Biologi; b) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan metode pembelajaran studi kasus pada mata pelajaran Biologi; c) untuk mengetahui seberapa besar perbedaan antara pendekatan pembelajaran keterampilan proses melalui metode pembelajaran PBI dengan metode pembelajaran studi kasus pada mata pelajaran Biologi. Metode penelitian yang dgunakan yaitu quasi eksperimen. Uji stastistik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu uji-t. Adapun hasil dari penelitian sebagai berikut: a) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pendekatan pembelajaran keterampilan proses melalui metode pembelajaran PBI pada mata pelajaran Biologi; b) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan metode pembelajaran studi kasus pada mata pelajaran Biologi; c) terjadi perbedaan hasil pembelajaran dimana metode atau model pembelajaran PBI lebih tinggi atau lebih baik dari pada metode pembelajaran studi kasus pada mata pelajaran Biologi.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.