PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBANTUAN SOFTWARE MATLAB SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v2i1.119Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meneliti pengaruh pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMA. Desain penelitian ini adalah non-equivalent control group design. Kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran berbantuan software matlab dan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran langsung. Data penelitian yang digunakan adalah instrumen dengan soal tes kemampuan komunikasi matematis dan skala minat belajar. Populasi penelitian ini adalah siswa dikelas XI dikabupaten Karawang dengan sampel siswa SMAN 1 Jatisari yang diambil dua kelas dipilih berdasarkan purpossive sampling. Data dianalisis secara kuantitatif, pretes, postes dan gain ternomalisasi data kemampuan komunikasi matematis dan data minat belajar siswa. Hasil memperlihatkan bahwa, (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan software Matlab lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. (2) Kualitas peningkatan kemampuan komunikasi matematis pada kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan software Matlab termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran langsung termasuk ke dalam kategori sedang. (3) Peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan software Matlab lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran langsung. (4) Kualitas peningkatan minat belajar siswa yang memperoleh pembelajaran berbantuan software Matlab dilihat berdasarkan nilai rataan minat belajar termasuk ke dalam kategori tinggi, sedangkan kelompok siswa yang memperoleh pembelajaran langsung termasuk ke dalam kategori sedang. (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa, baik pada siswa yang mendapat pembelajaran berbantuan software Matlab maupun siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbantuan Software Matlab, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan minat belajar.
Unduhan
Referensi
Aritonang, K.T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur. 10, (7), 11-21.
Ginintasari, R. (2012). Komunikasi. [online]. Tersedia: http://file.upi.edu/Direktori/ FIP/JUR._PSIKOLOGI/195009011981032-Rahayu_Ginintasasi/Komunikasi.pdf.
Hardianto, D. (2012). Pemanfaatan Software Komputer untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi (EQ) Anak. [online]. Tersedia: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Deni Hardianto,M.Pd./Pemanfaatan Software Komputer Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi.pdf.
Ibrahim, N. (2009). Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Komputer Terhadap Hasil Belajar (Meta Analisis). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 15, (1), 108-125.
Iskandar A., Burhan. (2012). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SD Melalui Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/7511/1/P%20-%2016.pdf.
Kahveci, A., Sahin, N., Genc, S. (2011). Computer Perceptions of Secondary School Teachers and Impacting Demographics: A Turkish Perspective. The Turkish Online Journal of Educational Technology. 10, (1), 71-80. [online]. Tersedia: http://www.tojet.net/articles/v10i1/1017.pdf.
Marfuah. (2010). Pengaruh Kegiatan Rekreasi Matematika di Mathematics Playground Terhadap Peningkatan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Edukasi Matematika.1, (1), 29-34. [online]. Tersedia: http://p4tkmatematika.org/2011/09/jurnal-edumat-vol-1-no-1-tahun-2010/
Megawati, I. (2012). Minat Terhadap Mata Pelajaran Matematika pada Siswa Sekolah Dasar. [online]. Tersedia: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/ 123456789/3586/1/JURNAL.pdf
Nurhablisyah. (2009). Handout Mata Kuliah Proses Komunikasi. [online]. Tersedia: http://www.nurhablisyah.web.id/HANDOUT%20MATA%20KULIAH%20PROSES%20KOMUNIKASI.pdf.
Philip, M.K., Jackson, T.K., & Dave, W. (2011). The Effect of Computer-Assisted Instruction on Student’s Attitudes and Achievement in Matrices and Transformations in Secondary Schools in Uasin Gishu District, Kenya. International Journal of Curriculum and Instruction. 1, (1), 53-62. [online]. Tersedia. http://www.mu.ac.ke/ijci/articles/vol1/mweifulltext.pdf.
Pramono, T. (2001). Kontribusi Kreativitas Terhadap Minat Belajar Matematika Berprestasi Tinggi Siswa Kelas 1 SMK YPPK 1 Sleman Yogyakarta. [online].Tersedia:http://opini.wikispaces.com/file/view/minat+belajar+mtk.pdf
Suhaedi, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. [online]. Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/7541/1/P%20-%2020.pdf
Surya, E. (2010). Visual Thinking dalam Memaksimalkan Pembelajaran Matematika Siswa dapat Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Abmas. [online]. Tersedia: http://jurnal.upi.edu/file/Edi_S.pdf
Tim Indikator TIK Indonesia. Indikator TIK Indonesia 2011. (2011). Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta.
Ward, M. (2002), A Template for a CALL Programme for Endangered Languages. [online]. Tersedia: http://www.computing.dcu.ie/~mward/mthesis.html.
Wijaya, A. &Surya S.P. (2009). Pemanfaatan Komputer Sebagai Media Pembelajaran Matematika di SMP. Yogyakarta: P4TK Matematika.