MANAJEMEN IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM DI PERGURUAN TINGGI BERBASIS KOMPETENSI

Penulis

  • Euis Anih

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v3i1.196

Abstrak

Sistem pendidikan terdiri dari input, proses, output, dan outcome. Input terdiri dari mahasiswa, dosen, dan fasilitas. Proses terdiri dari kurikulum, kegiatan belajar mengajar, administrasi dan penilaian. Output terdiri lulusan dengan kompetensi tertentu, dan produk penelitian serta pengembangan. Outcome merupakan dampak lulusan dan produk perguruan tinggi terhadap lingkungan lokal, nasional, regional maupun internasional. Implementasi kebijakan pengembangan kurikulum di perguruan tinggi sudah berjalan sesuai dengan konsep yang direncanakan. Manajemen kurikulum Perguruan Tinggi dalam mengembangkan Kurikulum Berbasis Kompetensi yang mengacu pada KKNI dalam meningkatkan mutu pendidikan yang secara umum dari hasil penelitian terdahulu dikatakan bahwa pengelolaan manajemen PT belum maksimal; kompetensi dosen dan mutu pembelajaran masih rendah. Berdasarkan alasan tersebut tumbuh keinginan penulis untuk mengkaji lebih mendalam sejauh mana pelaksanaan manajemen yang dilakukan Perguruan Tinggi dalam upaya memberdayakan semua komponen lembaga pendidikan untuk menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi serta memperbaiki mutu pendidikan  kearah yang lebih baik sebagaimana yang disebutkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

Kata kunci: Kurikulum, Berbasis Kompetensi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. (2007). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Baharuddin. (2010). Pendidikan & Psikologi Perkembangan. jogjakarta ; AR-RUZZ MEDIA.

Bartol, K. M, and David C. Martin. (1994). Management. USA: McGraw-Hill Inc.

Bateman, A. (1992). Management. USA: McGraw-Hill Collage

Fattah, N. (1996). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Finch, Curtis & Crunkilton, J. R. (1979). Curriculum Development In Vocational Technical Education. New York: Allyn and Bacon

Hasan, S. H. (2002). â€Pendidikan IPS di masa mendatang,â€JPIPS vol 19 Th XI Juli Desember. FPIPS UPI

Hasbullah. (2006). Otonomi Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo

Gorda, I.G.N. (1999). Manajemen dan Kepemimpinan Desa Adat di Provinsi Bali. Denpasar: Widya Kriya Gematama.

Griffin, R. W. (1990). Management – 3rd Edition Part III. Houghton: Mifflin Company.

McAshan, H.H. (1981). Competency Based Education and Behavioral Objectives. USA: Educational Technology Publication.

Moloeng, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004). Implementasi Kurikulum 2004; Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

_ _ _ _ _ _ _. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.

Nadler, L. (1988). Designing Training Program. Maasachusetts: Addison-Wesley Publising Company.

Nasution, S. (2006). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Oliva, F.P. (1976). Developing the Curriculum. USA: Harper Collin Publisher.

O’Brien, PS. (1997). Making College Count: A Real World Look at How to Succed In and After College. USA: Graphic Managmenet Corp

Purwanto, M. N. (2003). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaaja RosdaKarya.

Robbins, S. P. (1991). Organizational Behavior: Concept, Controvercies, Aplications. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Silalahi, U. (2006). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Steers, M. R. (1985). Efektivitas Organisasi Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Stoner, A.F. (1995). Management. New Jersey: Prentice Hall Inc. A. Simon & Chuster Company Englewood Cliffs

Sugiyono. (2010). MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutikno, S. (2012). Manajemen Pendidikan Langkah Praktis Mewujudkan Lembaga Pendidikan Yang Unggul. Lombok: Holistica.

_ _ _ _ _ . (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.

Terry, G. R. (1972). Principles of Management, Richard Rirwin, Inc. HomeWood. Illions.

Usman, H. (2004). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Westra, P., dkk.. (1981). Ensiklopedi Administrasi. Editor. Jakarta: Gunung Agung.

PP Nomor: 60 & 6l Tentang Pendidikan Tinggi dan Perguruan Tinggi, Tahun 1999.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara

Republik Indonesia. (2006). Undang-Undang Guru dan Dosen dan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Wacana Intelektual.

Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 Tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi

Keputusan menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 Tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesi Nomor 56/U/1994 Tentang Kurikulum

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Tinggi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 Tentang Pendidikan Tinggi

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-03-01