INVESTIGASI METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION (SGD) DALAM PEMBELAJARAN LISTENING
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v7i2.2005Abstrak
Menyimak atau listening menjadi momok yang sangat menegangkan atau bahkan menakutkan bagi para peserta didik terutama ketika menghadapi tes menyimak itu sendiri seperti dalam tes TOEFL, TOEIC, IELTS, dan tes menyimak yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi penggunaan teknik Small Group Discussion dalam menjawab soal dipembelajaran menyimak atau Listening serta tanggapan mahasiswa terkait penggunaan teknik tersebut. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah melalui pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskriptive. Adapun instrumen yang digunakan adalah observasi kelas dan wawancara dengan mahasiswa serta dokumentasi. Hasil observasi menunjukan proses pembelajaran mata kuliah Listening selama 100 menit. Prosesnya terbagi kedalam tiga pase, yakni, Pre-Listening Activity, Listening Activity (Mahasiswa berdiskusi menjawab soal), Post-Listening Activity (Mahasiswa dan dosen membahas kosakata yang digunakan berdasarkan tema dalam rekaman). Adapun hasil wawancara dengan mahasiswa yang menunjukan bahwa rata-rata mahasiswa merasa senang dengan teknik diskusi dalam menjawab soal komprehensif karena merasa terbantu oleh temannya yang lebih memahami isi rekaman. Oleh karena itu, teknik ini dapat dikategorikan teknik yang bagus untuk digunakan dalam kelas Listening. Hal ini dapat terlihat dari hasil akhir mahasiswa yang rata-rata mendapatkan nilai B.
Kata Kunci: Menyimak (Listening), Small Group Discussion