EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM EKSTRAKURIKULER DI SDIT DAARUL HASANAH JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v7i2.2012Abstrak
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa evaluasi pelaksanaan program ekstrakurikuler di SDIT Daarul Hasanah dikaji berdasarkan Standar Pendidikan Nasional yang meliputi proses, isi, pengelolaan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan dan penilaian. Metode yang digunakan adalah metode campuran dari metode kualitatif dan metode kuantitatif sedangkan model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi ketimpangan. Metode kualitatif yang dilakukan meliputi observasi dokumen-dokumenyang berkaitan dengan kegiatan ekstrakurikuler , wawancara pihak-pihak terkait dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam kegiatan ekstrakurikuler yaitu Kepala Sekolah SDIT Daarul Hasanah, Koordinator Bidang Kurikulum dan Sumber Daya Manusia, para Penanggung Jawab masing-masing jenis kegiatan ekstrakurikuler dan Ketua Komite Sekolah SDIT Daarul Hasanah. Metode kuantitaif yang digunakan berupa pemberian kuisioner kepada guru-guru pengajar/pembina ekstrakurikuler dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Pengumpulan data dilakukan dalam dua tahapan. Tahapan pertama, kajian pustaka dengan mengkaji berbagai teori mengenai evaluasi, implementasi program, organisasi dan pengorganisasian serta mengenai kegiatan Kepramukaan itu sendiri. Pada tahapan kedua, mengumpulkan data sesuai dengan metode-metode yang telah ditetapkan untuk dspat memperoleh suatu pemahaman yang mendalam terhadap obyek penelitian yang diamati. Pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi, (2) pengamatan terlibat, (3) wawancara dengan pedoman dan (4) kajian dokumen. Metode pengamatan digunakan untuk mengamati kegiatan Ekstrakurikuler di SDIT Daarul Hasanah serta bagaiaman jajaran pengajar/pembina Ekstrakurikuler mengembangkan diri untuk menhasilkan kegiatan Ekstrakurikuler yang berkualitas. Pengamatan terlibat dilakukan dengan mengamati bagaiaman pengorganisasian Ekstrakurikuler SDIT Daarul Hasanah dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dilakukannya. Data kuantitatif yang dihimpun melalui kurisioner yang diberikan kepada guru pengajar/pembina ekstrakurikuler dan peserta didik. Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diselenggarakan di SDIT Daarul Hasanah terdiri dari 5 jenis kegiatan yaitu Pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib, Tartill Qur’an sebagai ekstrakurikuler bidang agama, Art & Painting Club sebagai ekstrakurikuler bidang kesenian, Nurul Fikri English Club sebagai ekstrakurikuler bidang minat bahasa dan Pencak Silat/Taekwondo sebagai ekstrakurikuler bidang olahraga. Rekomendasi hasil penelitian evaluasi terhadap masing-masing 5 jenis kegiatan ekstrakurikuler tersebut adalah dilanjutkan dengan beberapaUnduhan
Data unduhan belum tersedia.
##submission.downloads##
Diterbitkan
2019-11-22
Terbitan
Bagian
Artikel