ANALISIS ANEKSI PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI-3 SMA NEGERI 1 LASEM

Penulis

  • Setiawan Edi Wibowo Sekretariat Jurnal Pendidikan UNSIKA

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v4i1.236

Abstrak

Penelitian ini mempunyai dua tujuan yaitu untuk  mengidentifikasi bentuk aneksi yang terdapat dalam  karangan  narasi siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem dan mendeskripsikan proses pemaknaan aneksi yang terdapat dalam karangan   narasi siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dan catat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan dan agih.  Adapun teknik lanjutan yang dipakai adalah teknik lesap dan teknik sisip. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa Pada karangan narasi siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem jumlah  keseluruhan aneksi yang ditemukan sebanyak 99 aneksi. Perolehan tersebut terdiri atas  aneksi substantif berjumlah 44 aneksi,  13 aneksi dengan kata ganti,  aneksi ajektif  terdapat 17  aneksi, 15 aneksi dengan  kata kerja, dan 10 aneksi dengan kata depan. Proses pemaknaan yang telah dilakukan terhadap aneksi yang teridentifikasi pada karangan  narasi siswa kelas XI-3 SMA Negeri 1 Lasem,  maka dapat dirumuskan beberapa cara pemaknaannya: (a) pemaknaan dilakukan dengan memberi imbuhan (afiksasi) pada aneksi; (b) pemaknaan dilakukan dengan menyisipkan kata pada aneksi; (c) pemaknaan dilakukan dengan melesapkan bagian dari aneksi; (d) pemaknaan dilakukan dengan cara mengartikan masing-masing unsur pada aneksi.

Kata kunci: Aneksi dan Karangan Narasi

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Setiawan Edi Wibowo, Sekretariat Jurnal Pendidikan UNSIKA

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Singaperbangsa Karawang

Referensi

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, A. (2008). Morfologi Bahasa Indonesia (Pendekatan Proses). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Keraf, G. (2001). Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.

Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mahsun, M. S. (2007). Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Marwoto, S., dan Suyitno. (1985). Komposisi Praktis. Yogyakarta: PT. Hanindariita.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurgiyantoro, (2000). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. (1995). Tata Bahasa Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang.

Rohmadi, dkk. (2010). Morfologi: Telaah Morfem dan Kata. Surakarta: Yuma Pustaka.

Semi, A. (1990). Pengantar Metode Penelitian Lingusitik. Surakarta: UNS Press.

Subroto, D. E. (1992). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: universitas sebelas maret press.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Sutopo, H.B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Tarigan, G. (1984). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

The Liang Gie. (2002). Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi.

Yamilah, M., dan Samsoerizal, S. (1995). Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Pendidikan Tenaga Kesehatan. Jakarta: EGC.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2016-03-01