PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMK SWASTA DI KARAWANG

Penulis

  • Indah Purnama Dewi Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v8i2.3653

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh kemampuan membaca dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMK swasta di Karawang. Jika memang terdapat pengaruh yang positif dan signifikan maka seberapa kuat pengaruh kemampuan membaca dan motivasi belajar tersebut terhadap prestasi belajar bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi linier berganda, yaitu menghubungkan antara data yang menunjukkan kemampuan membaca dan motivasi belajar dengan data yang menunjukkan prestasi belajar bahasa Inggris. Data tentang variabel kemampuan membaca dan motivasi belajar diperoleh melalui tes dan angket yang disusun oleh peneliti, yaitu mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data tentang prestasi belajar bahasa Inggris diperoleh melalui tes langsung yang dilaksanakan oleh peneliti terhadap responden. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Karawang, hal tesebut dibuktikan dengan Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 69,557; (2) terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan membaca bahasa Inggris terhadap prestasi belajar siswa SMK Swasta di Karawang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 7,742; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Inggris siswa SMK Swasta di Karawang, hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 2,821.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-31