DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN DARING BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Studi Kasus di SDN 2 Batembat Cirebon
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v9i1.4738Abstrak
Sektor Pendidikan merupakan instrumen penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa karena sumber dari segala sumber kemajuan suatu bangsa bermula melalui Pendidikan. Pembelajaran merupakan proses interaksi peserta didik dengan pendidik. Hal ini harus didukung dengan proses perolehan ilmu dan pengetahuan, penguasaan kemahiran dan tabiat, serta pembentukan sikap dan kepercayaan yang membuat peserta didik tertarik belajar. Penutupan sementara lembaga pendidikan sebagai upaya menahan penyebaran pendemi Covid-19 di seluruh dunia berdampak pada jutaan pelajar. Gangguan dalam proses belajar langsung antara siswa dan guru dan pembatalan penilaian belajar berdampak pada psikologis anak didik dan menurunnya kualitas keterampilan murid. Oleh karena itu pada penelitian kali ini metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hal ini digunakan untuk mendefinisikan pendekatan atau penelusuran untuk mengeksplorasi dan memahami suatu gejala sentral. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 2 Batembat kecamatan Tengah tani kabupaten Cirebon. Temuan atau hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu hasil kepuasan perserta didik selama melaksanakan proses pembelajaran hal ini dapat di definisikan kedalam metode pembelajaran apa saja yang cocok digunakan pada siswa sekolah dasar di SDN 2 batembat.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.