KEGIATAN KEPRAMUKAAN SEBAGAI SARANA MENUMBUHKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI MTS 2 DARUL AITAM MENGKURU
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v9i1.4871Abstrak
Kegiatan kepramukaan merupakan kegiatan menggunakan alam terbuka. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler khususnya pramuka di sekolah, diharapkan dapat membantu peserta didik dalam menumbuhkan kreatifitas, sehingga dapat melahirkan peserta didik yang berkualitas dan sumber daya manusia yang dapat bersaing dalam dunia global. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji (1) bagaimana bentuk kegiatan kepramukaan sebagai sarana menumbuhkan kreativitas peserta didik di MTs 2 Darul Aitam Mengkuru. (2) bagaimana strategi pengembangan kreativitas peserta didik melalui kegiatan kepramukaan di MTs 2 Darul Aitam Mengkuru. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data terdiri dari 8 orang anggota pramuka dan 4 orang pelatih, kepala sekolah, dan pembina pramuka. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya digunakan adalah metode interaktif. Hasil penelitian ditemukan bahwa, pertama, kegiatan kepramukaan yang dilakukan dalam rangka mengembangkan dan mewujudkan kreativitas siswa MTs 2 Darul Aitam Mengkuru mencakup beberapa kegiatan diantaranya: tali temali, sandi-sandi, hasta karya dan LKBB kreasi. Kedua, strategi pengembangan kreativitas peserta didik pada kegiatan kepramukaan di MTs 2 Darul Aitam Mengkuru dapat dilakukan antara lain: membuat suasana belajar yang menyenangkan dan juga mengasikkan, menjadi pembina sekaligus menjadi sahabat, peserta didik diberi kebebesan dalam berkreasi, dan dengan bimbingan rutin.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.