Efektivitas Metode Directed Reading Thinking Activity dalam Pembelajaran Membaca Cerita Pendek Fantasi pada Siswa Kelas VII SMP

DRTA method, reading learning, fantasy short stories

Penulis

  • Dwi Septiyani Rahayu Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Yang Yang Merdiyatna Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Imam Muhtarom Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v10i1.5296

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa pada pembelajaran membaca. Peneliti menggunakan metode DRTA untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pembelajaran membaca. Hipotesis pada penelitian ini terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar siswa dengan menggunakan metode DRTA. Metode penelitian ini menggunakan quasi experimental dengan desain nonequivalent control group. Dengan demikian, peneliti menggunakan uji independent sample t-test dan diuji menggunakan uji efek size untuk melihat tingkat keefektifan metode DRTA dalam pembelajaran membaca cerita pendek fantasi. Peneliti menggunakan program SPSS 18.0 for windows sebagai analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode DRTA efektif ketika diterapkan dalam pembelajaran membaca cerita pendek fantasi. Hal ini terbukti dengan hasil uji perbedaan dua rata-rata pada hasil posttest sebesar 0,000 maka H0 ditolak. Selanjutnya, besar pengaruh metode DRTA yaitu d = 0,002 dengan menggunakan perhitungan effect size. Hasil tersebut termasuk efektif dengan kriteria efek kecil yang berada pada ukuran 0,0 < d ≤ 0,2. Kesimpulannya bahwa, metode DRTA efektif dalam pembelajaran membaca cerita pendek fantasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-31