MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIKA KONTEKS GIZI SISWA SMA MENGGUNAKAN FLIPPED CLASSROOM PADA MASA PANDEMI COVID-19

Penulis

  • Chandra Sri Ubayanti SMA Negeri 1 Fakfak Papua Barat dan Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON)
  • Yessi Crosita Octaria Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v9i2.5350

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah dan mendeskripsikan peningkatan pengetahuan/ literasi dan numerasi gizi siswa dalam pembelajaran matematika pada masa pandemi Covid-19 menggunakan metode flipped classroom. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Fakfak Papua Barat yang berjumlah 36 siswa. Adapun obyek penelitian adalah pengetahuan dan numerasi gizi siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, catatan lapangan, dan tes. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif menggunakan model alur yaitu data dianalisis sejak tindakan diberikan dan dikembangkan selama proses pembelajaran baik secara daring maupun tatap muka. Alur analisis meliputi reduksi dan penyajian data. Validitas data diperoleh menggunakan teknik triangulasi: sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan literasi/pengetahuan dan numerasi gizi siswa. Peningkatan pengetahuan gizi siswa ditunjukkan dengan naiknya persentase skor tes terhadap skor maksimal. Pada siklus pertama rerata skor pretes sebelum dilakukan tindakan dari 8,03% menjadi 43,42% setelah diberi tindakan, atau naik sebesar 35,59%. Pada siklus kedua, persentase rerata skor postes setelah diberi tindakan menjadi 54,94% atau naik sebesar 11,31%. Sementara numerasi gizi meski baru dapat diukur pada siklus kedua namun persentase rerata numerasi siswa diperoleh sebesar 78,21% dari skor maksimal.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-15 — Diperbaharui pada 2021-11-15

Versi