OPTIMALISASI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v9i2.5496Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: 1) mengukur peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui Project-based Learning berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa; 2) mengukur pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui Project-based Learning berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa; 3) mengukur rata-rata pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui Project-based Learning berbantuan software Geogebra dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) matematika 75. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control group design, yang dilakukan pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Telukjambe Timur dengan pokok bahasan Integral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui Project-based Learning berbantuan software Geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa. 2) pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui Project-based Learning berbantuan software Geogebra lebih baik dibandingkan dengan siswa yang belajar melalui pembelajaran biasa. 3) rata-rata pencapaian kemampuan representasi matematis siswa yang belajar melalui Project-based Learning berbantuan software Geogebra mencapai KKM 75.
Kata kunci:
Project-based Learning; Software Geogebra; Kemampuan Representasi Matematis Siswa.
Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 JUDIKA (JURNAL PENDIDIKAN UNSIKA)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.