PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO DENGAN TIPE THINK PAIRS CHECK PADA SISWA KELAS XI SMAN 6 MERANGIN
DOI:
https://doi.org/10.35706/judika.v5i1.591Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan dari model pembelajaran kooperatif tipe The Power Of Two dengan tipe Think Pairs Check terhadap hasil belajar Fisika siswa kelas XI SMAN 6 Merangin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Peminatan IPA kelas XI SMAN 6 Merangin yang berjumlah 5 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI A sebagai kelas eksperimen I yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dan kelas XI B sebagai kelas eksperimen II yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pairs Check. Teknik analisis data menggunakan uji-t, berdasarkan analisis data didapat thitung sebesar 3,998 dan ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 1,997, maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dengan tipe Think Pairs Chec pada siswa kelas XI SMAN 6 Merangin Tahun Pelajaran 2016/2017 pada pokok bahasan Fluida Statik..