EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DAN TIPE JIGSAW TERHADAP PEMBENTUKAN KEPEMIMPINAN DIRI SISWA

Penulis

  • Muchamad Ishak STKIP Pasundan Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.35706/judika.v5i1.686

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran STAD dan Jigsaw memberikan pengaruh terhadap pembentukan kepemimpinan diri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang terdiri dari 2 variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe Jigsaw, dan 1 variabel terikat yaitu kepemimpinan diri siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Cimahi yang berjumlah 315 orang, sampel diambil sebanyak 36 orang dari kelas X RPL B. Pengambilan sampel dilakukan dengan probability sampling menggunakan teknik cluster sampling. Pengumpulan datanya dilakukan melalui angket. Analisis instrumen yang dilakukan pada tes yaitu validitas isi dan reliabilitas. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu diolah dan dianalisis menggunakan SPSS Serie 16 dengan tahapan: Uji Keseimbangan, Uji Normalitas (Kolmogorov-Smirnov), Uji Homogenitas (Lavene statistic), Analisis uji-t (One-Sample Test). Dari data analisis disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kepemimpinan diri siswa yang lebih baik dibanding model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Kata Kunci : STAD, Jigsaw, dan Kepemimpinan Diri Siswa

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Muchamad Ishak, STKIP Pasundan Cimahi

Dosen Prodi PJKR STKIP Pasundan Cimahi

Referensi

Edy. 2015. Pengertian Efektifitas. [Online]. Tersedia: http://www.tipepedia.com/2015/08/teori-efektifitas-menurut-pendapat-para.html [03 Agustus 2015]

Friskawati, G. F. 2015. “Implementasi Pembelajaran Penjas Berbasis Masalah Gerak Pada Siswa”. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika). 3, (1), 79-96.

Harsono. 1988. Coaching dan Aspek-Asapek Psikologis dalam Coaching. New York : CV Irwan.

Hidayat, Y. 2012. Psikologi Olahraga. Bandung: CV. Bintang WarliArtika

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Juliantine, T., Subroto, T. dan Yuidana, Y. 2013. Model-model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: CV. Bintang WarliArtika

Lestari, K. E., dan Yudhanegara, M. R. 2015. Penelelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Nurhasan. 2015. Sistem Pembelajaran Modul Mata Kuliah Statistika Inferensial dan Penerapannya dalam Pendidikan Jasmani. Cimahi: STKIP Pasundan

________ 2013. Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Cimahi: STKIP Pasundan

_________ 2011. Dasar-dasar Statistika Pendidikan Jasmani dan Penerapannya.

Cimahi: STKIP Pasundan

Nurul. 2015. Kepemimpinan Siswa. [Online]. Tersedia: http://www.masnurulislamnida.wordpress.com/2015/09/artikelku/ [26September 2015]

Prasetya, J. 2015. Minat Siswa Berprestasi di Kelas Terhadap Aktivitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Skripsi Sarjana pada STKIP Pasundan Cimahi: tidak diterbitkan.

Rosdiani, D. 2014. Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sugiama, A. G. 2008. Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Bandung: Guardaya Intimarta.

Sugiarto, B.G. 2015. Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi.

___________ 2012. Perencanaan Pembelajaran Penjas. Bandung: Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, W. 2015. SPSS Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyono. 2010. 6 Hari Jago SPSS. Yogyakarta: Cakrawala.

Umar, T. 2015. “Pengaruh Outbond Training Rasa Percaya Diri, Kepemimpinan Dan Kerja Sama Tim”. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan . 1, (2), 57– 58.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-03-13